Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Membicarakan Keselamatan Bersama Anak


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Menuntun anak-anak menapaki langkah pertama dalam iman bisa menjadi kesempatan yang paling berharga sepanjang hidup, baik bagi orang tua maupun guru. Perjalanan menuju iman diisi dengan peristiwa-peristiwa yang dapat digunakan untuk mengajar. Orang dewasa dan teman sebaya yang bisa memberi pengaruh dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan, mengajarkan kebenaran-kebenaran Alkitab, menjadi contoh nilai-nilai kekristenan, dan membagikan kesaksian pribadi yang selanjutnya bisa membentuk pemahaman pada diri anak-anak. Informasi-informasi berikut ini akan mempersiapkan guru pada saat mereka mendapat kesempatan untuk mengajarkan keselamatan kepada anak-anak.

  1. Tanyakan pertanyaan-pertanyaan tindak lanjut.

    Pada saat seorang anak menanyakan suatu pertanyaan, sering kali anak tidak tahu benar apa yang ingin ditanyakan. Berikan penjelasan sebelum memutuskan bagaimana menjawab pertanyaan itu. Hindari memberi pertanyaan yang bisa dijawab dengan "ya" atau "tidak".
  2. Hindari memberi informasi yang berlebihan.

    Orang dewasa sering kali tergoda untuk mengatakan semua yang mereka ketahui tentang topik tertentu. Pada saat seorang anak menanyakan suatu pertanyaan, jawablah apa yang ditanyakannya. Dengarkan anak itu baik-baik. Bila anak minta informasi lebih, berikan jawaban yang lebih spesifik.
  3. Jangan meloncat pada kesimpulan.

    Seorang anak mungkin bertanya, mengapa Anda dibaptis? Pertanyaan ini mungkin hanya membutuhkan penjelasan, tidak meminta presentasi tentang Alkitab atau penginjilan.
  4. Bicaralah dengan jelas dan gunakan istilah-istilah sederhana.

    Hindari analogi-analogi simbol dan "bahasa gereja" yang bisa mengalihkan perhatian dari diskusi dan pemahaman. Contoh "bahasa gereja" yang umum digunakan adalah kata-kata dan kalimat yang anak-anak dengar hanya pada saat di gereja, misalnya "maju ke depan", "diselamatkan", "hidup kekal", "baptisan", "doa", "Roh Kudus", dan "minta Yesus masuk ke dalam hatimu". Daripada menggunakan kalimat, "terima Yesus masuk ke dalam hatimu", gunakan kalimat, "menjadi orang Kristen".
  5. Baptisan

    Baptisan adalah pencelupan seorang percaya ke dalam air dalam nama Bapa, Putra, dan Roh Kudus. Ini merupakan penggambaran apa yang Yesus lakukan untuk menyelamatkan kita -- kematian, penguburan, dan kebangkitan. Bedakan antara baptisan dan menjadi orang Kristen. Tekankan bahwa yang pertama adalah menjadi orang Kristen. Seseorang dibaptis sebagai suatu tanda yang terlihat dari luar bahwa dia telah meminta Yesus masuk ke dalam hidup mereka sebagai Tuhan dan Juruselamat. Dengan demikian, orang itu telah menjadi orang Kristen. (t/Ratri)

Kategori Bahan PEPAK: Anak - Murid

Sumber
Judul Artikel: 
BGCT: Baptist General Convention Of Texas
Judul Buku: 
BGCT: Baptist General Convention Of Texas

Komentar