Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Pertanyaan Doa Anak: Baikkah Mengeluh kepada Allah?


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Pertanyaan

Baikkah mengeluh kepada Allah?

Jawaban:

Ya memang baik mengeluh kepada Tuhan. Kita harus jujur mengenai perasaan-perasaan kita, dan kita memang tidak dapat menyembunyikannya dari Allah. Siapapun yang membaca Kitab Mazmur dan Ayub dapat melihat bahwa orang-orang berdoa dan berkata kepada Allah tentang bagaimana perasaan mereka sesungguhnya. Tetapi mereka juga tidak menuduh karena Allah tidak mengendalikan atau mengerjakan sesuatu yang jahat. Mereka bercerita kepada Allah bahwa mereka percaya pada kebaikan-Nya. Demikianlah juga seharusnya kita berdoa.

Kita dapat dan memang seharusnya bercerita kepada Allah bagaimana perasaan kita. Demikian pula, kita seharusnya berkata kepada-Nya bahwa kita mengenal Allah dan Dia mendapatkan perhatian terbaik dalam hidup kita. Kita seharusnya mengucap syukur kepada-Nya karena kasih-Nya kepada kita. Allah di pihak kita. Dia ada di samping kita dan menolong kita apabila kita percaya kepada-Nya.

Ayat Kunci:

Lalu Tuhan menjawab aku, demikian: "Tuliskanlah penglihatan itu dan ukirkanlah itu pada loh-loh, supaya orang sambil lalu dapat membacanya. Sebab penglihatan itu masih menanti saatnya, tetapi ia bersegera menuju kesudahannya dengan tidak menipu; apabila berlambat- lambat, nantikanlah itu, sebab itu sungguh-sungguh akan datang dan tidak akan bertangguh." (Habakuk 1:2-3)

Ayat Terkait:

Ayub 3:1-10; Mazmur 77:1-21; 102:1-29; Pengkhotbah 7:13-14; Habakuk 1:1-2; 1Petrus 5:7

Catatan untuk Orangtua dan Guru:

Ada suatu perbedaan antara keluhan dan kemarahan kepada Allah. Bimbinglah anak-anak untuk melihat Allah sebagai sekutu (teman) mereka, Bapa yang mengasihi, dan teman baik. Bimbinglah mereka agar keluhan mereka kepada Bapa didasarkan atas iman dalam Allah dan kebaikan-Nya.

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Sumber
Judul Buku: 
107 Pertanyaan Anak-anak tentang Doa (Terjemahan dari 107 Question Children Ask about Prayer)
Pengarang: 
Dave Verman, Jim Galvin, Jim Wilhoit, Daryl Lucas, Rick Osborne, Jon Farfar, Lil Crump
Halaman: 
105
Penerbit: 
Betlehem Publishers
Kota: 
Jakarta
Tahun: 
1998

Komentar