Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Mendidik Anak Berinternet


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Berikut ini ada beberapa langkah praktis mendidik anak-anak saat berinternet:

  1. Sebaiknya Anda berdiskusi dengan anak Anda untuk menyusun beberapa aturan berinternet seperti: jadwal kapan boleh menggunakan internet, berapa lama, dan situs-situs apa saja yang boleh dikunjungi. Jangan lupa untuk selalu mendampingi mereka pada waktu-waktu tersebut.
  2. Jelaskan secara praktis pada anak tentang manfaat berinternet dan tujuan-tujuan penting apa yang dapat dicapai melalui internet. Biasakan untuk lebih sering mengajak anak berkunjung ke situs-situs yang bermanfaat, seperti situs ilmu pengetahuan, sejarah, geografi, biografi para penemu, dll.
  3. Berikan reward atau komentar-komentar yang mendorong seperti: "Kalau kamu sering berkunjung ke situs IPTEK ini maka tidak percuma Ayah/Ibu membayar mahal rekening telepon dan internetnya", atau "jangan habiskan waktu dan uang untuk berkunjung ke situs-situs yang tidak perlu atau merusak", dll.
  4. Bagi Anda yang mengakses internet dari rumah, Anda dapat memanfaatkan beberapa perangkat lunak filter seperti Cyber- Patrol, Cyber Snoop, Net Nanny, atau filter-filter lainnya. Perangkat-perangkat ini bermanfaat sekali dalam "menghalangi/ membatasi" akses putra-putri Anda ke situs "tertentu" di internet.
  5. Memanfaatkan situs-situs yang berisi pelajaran untuk orangtua dan pengajar tentang cara-cara "aman" menjelajahi internet. Dengan begitu Anda dapat memandu anak-anak Anda saat berinternet.
  6. Berikan teladan yang baik pada anak-anak Anda dengan tidak mengakses situs-situs yang negatif. Karena mendidik dan memberi contoh yang baik pada anak dirasa lebih bermanfaat daripada melarangnya belajar internet.

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Anak Umum

Sumber
Penerbit: 
Indonesia Christian Webwatch (ICW) No. 30/1999

Komentar