Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Haruskah Kita Kerja


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

HARUSKAH KITA KERJA

"Saya benci kerja!" teriak Diana. "Saya tidak mau mengerjakan tugas- tugas saya. Saya tidak mau membantu mencuci piring atau membersihkan kamar saya. Saya tidak akan pernah mau kerja lagi."

Menurut kamu, apakah tindakan Diana itu benar?

Renungan Singkat tentang Pekerjaan:

  1. Pernahkah kamu merasa benci bekerja seperti Diana? Pernahkah kamu ingin berhenti melakukan tugas-tugasmu di rumahmu?

  2. Apakah yang akan kamu katakan kepada Diana? Menurut kamu, apakah tindakan Diana itu benar atau salah? Mengapa?

Ibu dah ayah saling berpandangan. "Menurutmu, apakah kami juga harus berhenti bekerja?" tanya ibu.

"Saya kira kita boleh berhenti bekerja," kata ayah. "Tetapi kalau kamu tidak mempersiapkan makan pagi, makan siang ataupun makan malam, kita semua akan kelaparan."

"Dan kalau kamu tidak bekerja, kita tidak akan mempunyai uang untuk membeli makanan," kata ibu.

"Apakah yang akan terjadi jika kamu berhenti mencuci pakaian atau membersihkan rumah kita atau berhenti menjaga agar seprai-seprai kita selalu bersih?" tanya ayah. "Sungguh tidak menyenangkan kalau kita tinggal di rumah yang kotor dan acak-acakan."

"Itu benar," kata ibu. "Jika ayah berhenti bekerja, tentu kita harus menjual rumah dan mobil kita. Maka kita pun tidak akan mempunyai tempat tinggal atau mobil lagi untuk bepergian."

"Dan karena ibu tidak mempunyai rencana untuk bekerja, maka ia juga tidak akan mempunyai pekerjaan," kata ayah. "Jadi saya kira kita tidak akan mempunyai rumah, mobil, makanan, pakaian, binatang peliharaan, dan segala hal yang lainnya!"

"Sudah! Sudah!" kata Diana. "Saya tidak mau kehilangan semua ini. Saya mau membantu ayah dan ibu bekerja."

Renungan Singkat tentang Allah dan Kamu:

  1. Apakah Allah akan memberi kita sebuah rumah dan mobil, juga pakaian dan makanan jika kita tidak bekerja untuk mendapatkannya? Mengapa tidak?

  2. Apakah adil jika beberapa anggota keluarga bekerja sementara beberapa anggota keluarga yang lain tidak bekerja? Apakah adil jika kamu tidak melakukan apa pun agar rumahmu tetap bersih sementara ayah dan ibumu bekerja keras untuk menjaganya?

  3. Pekerjaan yang bagaimanakah yang dapat kamu lakukan untuk menolong ayah dan ibumu di rumah? Maukah kamu melakukannya? Menurut kamu, apakah hal ini akan menyukakan hati Allah?

Bacaan Alkitab:

Mazmur 90:16,17

Kebenaran Alkitab:

Kamu akan makan jika kamu bekerja (Mazmur 128:2).

Doa:

Terima kasih, ya Tuhan Yesus, atas semua pemberian-Mu. Terima kasih karena Engkau telah memberi kesempatan kepada saya untuk mengerjakan dan melakukan bagian saya agar saya memperoleh hasilnya dan memeliharanya. Amin.

Kategori Bahan PEPAK: Sudut untuk Anak

Sumber
Judul Buku: 
100 Renungan Singkat untuk Anak-anak
Pengarang: 
V. Gilbert Beers
Halaman: 
158 - 159
Penerbit: 
Yayasan Kalam Hidup
Kota: 
Bandung

Komentar