Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Bagaimana Menolong Anak Mengerti Perasaannya?


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Perasaan merupakan bagian penting dalam kepribadian setiap anak, tetapi perasaan itu tidak selalu dapat dikuasai oleh anak. Anak tidak mempunyai tombol yang secara otomatis dapat menghasilkan emosi yang tepat atau dapat menghilangkan perasaan-perasaan yang negatif. Anak memerlukan orang dewasa yang bersedia menerima dia dan menerima perasaan-perasaannya.

Bila perasaan-perasaan itu positif, memang sangat mudah diterima, tetapi ini pun sering diabaikan. Orang tua dan guru kadang-kadang harus memeri komentar untuk menunjukkan bahwa mereka memperhatikan apabila anak itu merasa senang; bahwa mereka merasa puas dengan apa yang dilakukannya; dan bahwa mereka menanti-nantikan suatu kejadian yang menyenangkan. Pernyataan, "Kamu nampaknya sangat gembira," membuat anak itu mengetahui bahwa orang dewasa mengerti perasaan yang sedang bergejolak dalam hatinya. "Dari senyumanmu saya tahu bahwa kamu merasa puas karena berhasil menyelesaikan permainan teka-teki itu," menolong anak mengenali perasaannya sendiri.

Kadang-kadang kita perlu menerima perasaan-perasaan yang negatif. Misalnya, seorang anak mungkin merasa sangat bingung ketika ibunya meninggalkan dia di Sekolah Minggu. Pernyataan-pernyataan seperti: "Ibu (Guru) tahu bahwa kamu tidak senang," atau "Kamu tidak senang kalau ditinggal oleh Ibu," menolong dia menyadari bahwa perasaan-perasaannya itu dimengerti. Kalau anak mengetahui bahwa perasaannya dimengerti, ia akan lebih cepat merasa tenang daripada kalau ibunya (gurunya) berkata, "Jangan menangis. Semuanya akan menjadi menyenangkan."

Tanggapan yang menunjukkan penerimaan atas penguangkapan perasaan seorang anak dapat dinyatakan seperti berikut:
"Kamu merasa tidak senang kalau ..."
"Saya kira menyenangkan sekali bila ..."
"Pasti sulit sekali kalau ..."
"Kamu sedih sekali pada waktu ..."
"Tampaknya kamu merasa senang karena ..."
"Saya mengerti bahwa kamu merasa ..."

Kategori Bahan PEPAK: Anak - Murid

Sumber
Judul Buku: 
Bagaimana Bercakap-cakap dengan Anak Kecil
Pengarang: 
Rachel Iversen
Halaman: 
30 - 31
Penerbit: 
Yayasan Kalam Hidup
Kota: 
Bandung
Tahun: 
1978

Komentar