Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Ketika Yesus Pergi ke Bait Allah - Gereja


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Pembacaan Alkitab:

Lukas 2:41-52

Cerita Alkitab:

Yesus bertumbuh semakin besar dan Ia hidup dengan bahagia. Ia tinggal dalam sebuah rumah kecil di sisi sebuah bukit bersama ibu- Nya, Maria, dan Yusuf. Rumah mereka terletak di sebuah kota bernama Nazaret.

Yesus senang berlari-lari dan bermain-main dengan anak laki-laki dan perempuan. Ia senang membantu ibu-Nya memikul air dari sumur. Ia senang menolong ayah-Nya di tempat kerjanya. Namun, ada satu hal yang diinginkan Yesus lebih dari apa pun juga. Yesus ingin pergi ke Bait Allah -- gereja yang indah di Yerusalem.

Maria dan Yusuf telah bercerita kepada Yesus tentang saat mereka membawa Dia ke gereja ketika Ia masih bayi. Yesus tahu bahwa Bait Allah -- gereja itu adalah rumah Allah. Setiap tahun bila Yusuf dan Maria pergi ke sana, Yesus akan bertanya, "Bolehkah saya juga ikut?"

"Engkau boleh pergi bila Engkau sudah cukup besar," kata mereka. Akhirnya, pada suatu hari Yusuf berkata kepada Yesus, "Engkau sekarang sudah berusia dua belas tahun. Oleh sebab itu, Engkau boleh pergi bersama kami ke Bait Allah -- gereja."

Betapa senangnya Yesus ketika Ia berjalan bersama dengan keluarga dan sahabat-sahabat-Nya! Ia sering berlari mendahului mereka untuk melihat apakah Ia sudah dapat melihat Kota Yerusalam dan Bait Allah -- gereja.

Perjalanan menuju ke Yerusalem itu amat jauh. Setiap hari Yesus semakin mejadi gembira. Akhirnya Ia dapat melihat kota itu.

"Lihat," teriak-Nya, "Itulah Bait Allah -- gereja!"

Tak lama kemudian Yesus berdiri di depan gereja. Gereja itu terbuat dari batu marmer yang indah dan atapnya dari emas yang berkilauan. Sungguh lebih indah daripada apa yang dibayangkan sebelumnya.

Yesus berdiam diri di dalam Bait Allah -- gereja ketika orang-orang berdoa. Ketika ia mendenar mereka menyanyikan sebuah lagu dari Alktiab. Ia mendengarkan pembicaraan beberapa pendeta, yang disebut ahli Taurat, yang berbicara tentang Allah. Di dalam bait Allah -- gereja Yesus merasa sangat dekat dengan Allah sehingga Ia lupa untuk pulang ke rumah.

Setelah Maria dan Yusuf serta sahabat-sahabat mereka pulang kembali ke Nazaret, Maria bertanya kepada Yusuf, "Apakah Yesus ada bersamamu?"

"Tidak," kata Yusuf. "Ia pasti bersama anak-anak lainnya."

Maria dan Yusuf memanggil-manggil dan mencari Yesus ke mana-mana, tetapi mereka tak dapat menemukan Yesus. "Kita harus kembali ke Yerusalem dan mencari Dia," kata Maria.

Sepanjang perjalanan kembali ke Yerusalem, mereka berdua bertanya kepada setiap orang yang mereka temui di jalan," Apakah Anda melihat Yesus?" Mereka mencari-cari, tetapi tak dapat menemukan Yesus. Akhirnya, mereka pergi ke Bait Allah -- gereja. Yesus ada di sana! Ia sedang duduk dengan beberapa pendeta sambil mendengarkan pembicaraan mereka dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada mereka.

"Kami telah mencari Engaku ke mana-mana," kata Maria.

"Aku selama ini ada di rumah Allah," jawab Yesus.

Setiba di rumah kembali, Yesus sering memikirkan Bait Allah -- gereja yang indah itu dan masa yang menyenangkan ketika Ia berada di sana.

Saran-saran untuk Kegiatan:

Suruhlah anak-anak mengumpulkan batu-batu kecil untuk membuat bagan sebuah gereja. Atau bila waktu dan fasilitas tak mengizinkan, suruhlah mereka membawa batu-batu kecil untuk membuat bagan sebuah gereja kecil minggu depan.

Kategori Bahan PEPAK: Doa - Musik - Ibadah

Sumber
Judul Buku: 
Cerita Alkitab yang Suka Kudengarkan: Seri Cerita Alkitab untuk Anak-anak
Pengarang: 
Grace Suwanti Tjahya dan Ridwan Sutedja
Halaman: 
46 - 48
Penerbit: 
Kalam Hidup
Kota: 
Bandung

Komentar