Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Wild Games untuk Paskah: Jalan Salib


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Supaya tidak melulu mendengar khotbah saat perayaan Paskah, sekolah minggu kami sudah tiga tahun berturut-turut membuat acara "outdoor" (luar ruangan) yang sampai saat ini belum dirasa membosankan anak sekolah minggu. Anak-anak akan tertarik dan aktif mengikuti kegiatan ini.

Meskipun bertema "Jalan Salib", kegiatan "Wild Game" dalam perayaan Paskah ini lebih disesuaikan dengan kondisi anak-anak yang penuh aktivitas dan rekreatif.

Kegiatan "Wild Game Jalan Salib" dilakukan dengan membagi anak sekolah minggu (ASM) ke dalam beberapa kelompok (satu kelompok maksimal sepuluh orang anak, bervariasi antara kelas besar dan praremaja). Tiap kelompok yang dibentuk, didampingi oleh 1 -– 2 orang guru sekolah minggu (GSM) sebagai penunjuk jalan dan memberi bantuan jika mereka menemui halangan dalam perjalanan. Supaya lebih menarik, tiap grup diminta membuat "yel-yel" singkat untuk diperagakan di tiap pos.

Di samping itu, ada lima pos yang perlu dikunjungi dalam "Jalan Salib" ini. Di tiap pos ini ada 1 -- 2 GSM yang memberikan penjelasan kegiatan di tiap posnya. Di tiap pos diadakan kegiatan dan tiap kelompok dinilai kekompakannya, keaktifannya, ketepatan melakukan tugasnya, dan sebagainya. Kegiatan masing-masing di lima pos ini adalah:

POS 1: PERJAMUAN TERAKHIR ( ± 15 MENIT)

Persiapan:
Poster "Perjamuan Terakhir", roti tawar, dan teh (diletakkan dalam gelas-gelas kecil), dan tikar untuk duduk.

Kegiatan:

  1. GSM penjaga pos menceritakan "Kisah Perjamuan Terakhir" (Lukas 22:14-22) kepada ASM dan mengajak mereka ikut merasakan suasana perjamuan dengan memakan roti dan minum teh. Jelaskan juga makna dari perjamuan yang dilakukan Yesus saat itu.
  2. Kegiatan selanjutnya adalah "Bisik Ayat". ASM (kecuali balita/ prasekolah) diminta berbaris ke belakang, tiap anak berjarak setengah meter. ASM pertama diminta membaca dalam hati ayat yang diambil dari "Kisah Perjamuan Terakhir" dan membisikkannya ke teman di belakangnya, dst .... ASM pada urutan terakhir diminta menuliskan pada selembar kertas, yang kemudian dikumpulkan.
  3. Kelompok ASM tersebut diminta pindah ke Pos 2, sambil menyanyikan lagu "Jalan Serta Yesus".

POS 2: TAMAN GETSEMANI ( ± 15 MENIT)

Persiapan:
Poster "Yesus Berdoa di Taman Getsemani", puzzle ayat (tulisan ayat Alkitab yang dipotong-potong per kata).

Kegiatan:

  1. GSM menceritakan kejadian di Taman Getsemani dan minta pendapat ASM tentang hal berdoa (misalnya mengapa Yesus berdoa, apakah yang dilakukan saat berdoa, dsb.).
  2. Minta ASM menyusun potongan-potongan ayat. Sebaiknya ayat yang berhubungan dengan tema Paskah dan sudah dikenal oleh ASM. Siapkan beberapa puzzle ayat supaya bervariasi.
  3. Setelah selesai, minta kelompok tersebut pindah ke Pos 3, sambil menyanyikan lagu "Dalam Nama Yesus".

POS 3: PENANGKAPAN YESUS ( ± 15 MENIT)

Persiapan:
Kisah Penangkapan Yesus (Lukas 22:47–53)

Kegiatan:

  1. Minta kelompok mempelajari "Kisah Penangkapan Yesus" dalam perikop Alkitab di atas dan kemudian minta mereka membuat "skit" (drama singkat) tentang penangkapan Yesus tersebut, waktu drama ± 10 menit saja.
  2. Setelah selesai, minta mereka pindah ke Pos 4, sambil menyanyi "Hatiku Penuh Nyanyian".

POS 4: PENYALIBAN YESUS ( ± 15 MENIT)

Persiapan:
Kertas polos untuk menggambar (ditempel pada papan yang cukup besar) atau bisa juga kalender bekas yang dibalik, spidol besar untuk menggambar.

Kegiatan:

  1. GSM menceritakan secara singkat kejadian setelah Yesus ditangkap, yaitu saat Petrus menyangkal, dibawa ke Mahkamah Agama, di hadapan Pilatus, di hadapan Herodes, dan saat penyaliban.
  2. Minta satu wakil kelompok untuk menjadi juru gambar bagi kelompoknya.
  3. Juru gambar tersebut harus menggambarkan minimal tiga tokoh dalam kejadian "Penyaliban Yesus". Misalnya, tokoh Petrus yang menyangkal, Simon orang Kirene, Herodes, Pontius Pilatus, orang yang disalib di sebelah Yesus, prajurit Romawi, dsb.. ASM dalam kelompok diminta menebak siapa tokoh yang digambarkan tersebut.
  4. Setelah kegiatan selesai, minta ASM pindah ke Pos 5, sambil menyanyi "Kumenang-Kumenang Bersama Yesus Tuhan".

POS 5: KEBANGKITAN YESUS ( ± 10 MENIT)

Persiapan:
Telur (ayam atau burung puyuh) yang sudah disembunyikan.

Kegiatan:

  1. GSM mengajak ASM menyanyikan lagu "Rayakan", boleh dengan gerakan atau tarian.
  2. Masing-masing ASM diminta mencari satu telur saja di tempat yang sudah ditentukan (misal kelompok A di sebelah Timur, B di sebelah Tenggara, dsb.). Jika ada ASM yang bisa menemukan lebih dari satu telur di wilayahnya, dia harus memberikan kepada teman dalam kelompoknya, sehingga semua anak mendapat satu butir telur.
  3. Karena ini adalah pos terakhir, setelah kegiatan selesai, ASM berkumpul lagi di tempat kebaktian awal.

CATATAN

  1. Kegiatan ini memang diperuntukkan bagi anak kelas dua SD ke atas (praremaja). Jika anak di bawah kelas dua SD ingin diikutsertakan, mungkin hanya sebagai pengikut. Jika anak kelas kecil tidak diikutsertakan, kegiatan yang bisa dilakukan bersama mereka antara lain mendengar kisah Paskah, menghias telur, mewarnai gambar Paskah, dsb..
  2. GSM tiap pos dapat terlebih dahulu sepakat dalam penilaiannya. Pada akhir kegiatan, ditentukan kelompok yang meraih nilai tertinggi. Jika ingin memberi hadiah, tidak perlu mewah, tetapi berguna, bisa dibuat sendiri oleh GSM.
  3. Kegiatan Wild Game bisa diawali dengan puji-pujian terlebih dahulu dan diakhiri juga dengan puji-pujian bersama.

Kategori Bahan PEPAK: Perayaan Hari Raya Kristen

Sumber
Judul Buku: 
e-BinaGuru

Komentar