Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Komunikasi dalam Mengajar


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Ikutilah tips mengajar berikut ini. Kami yakin Anda akan memetik buahnya, yaitu Anda akan menjadi seorang guru yang komunikatif.

KOMUNIKASI DALAM MENGAJAR

  1. Belajarlah bahasa murid-murid Anda secara terus-menerus dan cermat untuk mengetahui kata-kata apa yang biasa mereka gunakan dan apa makna kata-kata itu bagi mereka.
  2. Dapatkan dari anak-anak itu keterangan selengkap mungkin mengenai pengetahuan mereka tentang pokok pelajaran itu. Dengan demikian saudara akan mengetahui gagasan mereka dan cara-cara mereka mengungkapkannya supaya dapat membantu mereka mengoreksi pengetahuan yang sudah ada pada mereka.
  3. Sedapat mungkin, bicaralah dengan bahasa yang lazim bagi murid- murid itu. Ingat-ingatlah untuk mengoreksi jika ternyata mereka salah mengerti kata-kata yang Saudara ucapkan.
  4. Pakailah kata-kata yang sesedikit mungkin dan hanya yang paling sederhana untuk mengungkapkan maksud Saudara. Kata-kata yang tidak perlu hanya menambah kepusingan anak-anak dan memperbesar kemungkinan salah pengertian.
  5. Pakailah kalimat-kalimat pendek yang paling sederhana bentuknya. Kalimat panjang lebih sulit untuk ditangkap maksudnya dan sering membuat murid-murid itu pusing.
  6. Jika murid-murid itu ternyata tidak mengerti apa yang Saudara katakan, cobalah ulangi buah pikiran itu dengan kata-kata yang lain. Jika mungkin, secara lebih sederhana lagi.
  7. Bantulah mereka mengerti kata-kata itu dengan memakai ilustrasi. Benda-benda alam dan gambar-gambar lebih cocok bagi anak-anak yang masih kecil. Sedapat mungkin, berikan gambaran berdasarkan pengalaman anak-anak itu sendiri.
  8. Bila perlu untuk mengajarkan sebuah kata yang baru, berikan terlebih dahulu gagasan yang dimaksud sebelum memakai kata itu. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan memberi gambaran sederhana yang cocok dengan pengalaman anak-anak itu sendiri.
  9. Cobalah memperbanyak kata-kata para murid dan pada waktu yang bersamaan menyempurnakan pengertian mereka akan maknanya. Dengan menambah perbendaharaan kata-kata murid, kita menambah pengetahuan serta kemampuannya.
  10. Oleh karena menguasai bahasa merupakan salah satu sasaran utama dalam proses pendidikan, janganlah Saudara puas bila murid-murid terlalu lama duduk diam hanya mendengarkan walaupun kelihatannya mereka penuh perhatian terhadap apa yang dikatakan. Anjurkan mereka untuk memberi tanggapan dengan bebas.
  11. Sebagaimana selalu harus terjadi pada waktu mengajar anak-anak kecil, di sini pun Saudara harus bertindak lambat-lambat asal selamat. Tiap kata harus dipelajari dengan seksama sebelum Saudara memperkenalkan kata yang baru lagi.
  12. Sering-sering ujilah pengertian murid mengenai kata-kata yang digunakannya, untuk memastikan bahwa ia tidak memberikan makna yang keliru pada kata-kata itu dan agar ia melihat arti sebenarnya dengan sejelas-jelasnya.

Kategori Bahan PEPAK: Metode dan Cara Mengajar

Sumber
Judul Buku: 
Tujuh Hukum Mengajar
Pengarang: 
John Milton Gregory
Halaman: 
71 - 73
Penerbit: 
Yayasan Penerbit Gandum Mas
Kota: 
Malang

Komentar