Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Yesus Bercerita tentang Rumah Surgawi Kita


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

PERSIAPAN GURU

Pembacaan Alkitab:

Yohanes 13:36-38; 1 Tesalonika 4:13-18; Wahyu 22:1-7.

Alat Peraga:

Gambar Pengajaran Yesus

WAKTU MENGAJAR

Ibadah:

Nyanyikan sebuah lagu Paskah dengan perlahan sementara anak-anak masuk dan duduk di tempat mereka dengan tenang.

Menyanyi:

Lagu tentang kasih Allah atau rumah Allah.

Doa:

"Allah Bapa yang di surga, kami bersyukur kepada-Mu untuk Yesus dan hal-hal indah yang telah diceritakan-Nya tentang Engkau. Tolonglah kami menjadi serupa seperti Yesus dan semakin mengasihi Dia setiap hari. Dalam nama Yesus, amin."

PENDAHULUAN

Saya akan menceritakan kepadamu apa yang dikatakan Yesus kepada sahabat-sahabat-Nya tentang rumah baru yang disediakan-Nya bagi kita.

CERITA ALKITAB

Yesus Bercerita tentang Rumah Surgawi Kita

Pernahkah kamu melihat langit yang berwarnah merah, keemasan, dan ungu pada sore hari? Allah telah membuat warna-warna yang sangat indah ini di langit, bukan?

Kita sering melihat bunga-bunga yang indah di ladang. Bunga-bunga itu beraneka warna, ada yang biru, kuning, putih, dan semua itu tumbuh dengan lebatnya sehingga tampak seperti sebuah permadani lembut dan cerah yang terhampar di tanah.

Kadang-kadang pada pagi hari kita mendengar seekor burung kecil berkicau dengan indahnya sambil bertengger di pohon dalam taman sebelum akhirnya terbang mencari makan. Kadang-kadang di sore hari yang tenang kita mendengar burung itu berkicau dengan indahnya, maka kita berpendapat bahwa kita belum pernah mendengar suara yang seindah itu sebelumnya.

Segala sesuatu ini, langit pada saat matahari terbenam, bunga-bunga yang beraneka warna mengangguk-angguk, dan burung-burung yang berkicau, semuanya tampak sangat indah. Tetapi pada suatu hari ketika Yesus hidup di dunia, Ia menceritakan kepada sahabat-sahabat- Nya tentang suatu tempat yang jauh lebih indah. Bahkan sekali pun jika kita menutup mata kita dan merenungkannya, kita tak dapat membayangkan betapa indahnya tempat itu. Yesus menceritakan hal itu kepada sahabat-sahabat-Nya ketika Ia sedang berbicara dengan mereka.

"Aku akan pergi untuk sementara waktu," kata Yesus.

Sahabat-sahabat-Nya sedih ketika mereka mendengar Ia akan meninggalkan mereka sebab mereka sangat mengasihi Dia. Mereka ingin bersama Dia senantiasa.

"Kami pun akan ikut bersama-Mu," kata mereka.

"Tidak," jawab Yesus dengan lembut. "Kamu tak dapat pergi bersama-Ku sekarang. Aku harus pergi dan menyediakan suatu tempat yang baru bagimu di surga. Tetapi pada suatu hari kelak bila Aku sudah menyediakannya bagimu, kita semua akan tinggal bersama-sama di rumah kita yang baru di surga."

Setelah Yesus pergi, sahabat-sahabat-Nya ingat akan apa yang telah dikatakan-Nya kepada mereka tentang surga. Mereka tahu bahwa Yesus ada di surga sedang menyediakan tempat yang baru bagi mereka. Mereka senang karena mereka nanti akan bertemu lagi dengan Yesus dan tinggal bersama Dia selama-lamanya.

Sahabat-sahabat Yesus ingin agar orang lain pun tahu tentang rumah yang indah di surga. Oleh sebab itu, mereka pergi ke mana-mana dan menceritakan kabar tentang Yesus kepada semua orang.

"Yesus telah pergi ke surga," kata mereka. "Ia sedang menyediakan suatu tempat untuk semua orang yang mengasihi Dia. Matamu belum pernah melihat dan telingamu belum pernah mendengar tentang suatu tempat yang begitu indah seperti tempat yang sedang disediakan Yesus bagi mereka yang mengasihi Dia."

Surga akan menjadi tempat yang paling menyenangkan dan terindah yang pernah kamu lihat. Bila kamu melihatnya, kamu akan merasa amat senang sehingga kamu ingin tinggal di sana selamanya bersama dengan Yesus. Apabila kamu sampai di surga kamu dapat mengatakan berulang kali kepada Yesus betapa besar kasihmu kepada Dia. Hal ini akan menjadi lebih indah lagi daripada saat anak-anak pergi menemui Yesus ketika Ia hidup di dunia ini.

ULANGAN DAN PERCAKAPAN

Tunjukkan gambar cerita hari ini. "Gambar ini menunjukkan anak-anak kecil yang datang kepada Yesus ketika Ia masih hidup di dalam dunia. Mereka mengasihi Yesus dan senang tinggal bersama dengan Dia. Di manakah Yesus sekarang? Apakah yang sedang dilakukan-Nya?

"Ada sebuah ayat di dalam Alkitab yang mengatakan kepada kita apa yang sedang dilakukan Yesus. Ia berkata kepada sahabat-sahabat-Nya `Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu` (Yohanes 14:2)." Apakah "kamu" berarti kita semua? Terangkan bahwa Yesus sedang menyediakan suatu tempat yang indah di surga untuk setiap orang yang mengasihi Dia dan yang meminta Dia menjadi sahabatnya, penolongnya dan Juruselamatnya. Suruhlah mereka mempelajari dan menyebutkan ayat ini.

Doa:

"Allah Bapa yang di surga, kami bersyukur kepada-Mu untuk Yesus dan rumah surgawi yang telah disediakan-Nya bagi mereka yang mengasihi Dia. Kami berdoa dalam nama Yesus. Amin."

Saat ini merupakan suatu kesempatan yang baik jika di antara anak- anak ada yang ingin meminta Dia sebagai Sahabat dan Juruselamat mereka. Jelaskan bahwa bila ada sesuatu di dalam hati mereka yang tak disukai Yesus (Anda dapat menanyakan kepada mereka apakah itu), Ia akan mengampuni hal-hal tersebut karena Ia telah mati dan menanggung hukuman dosa setiap manusia agar kita dapat diampuni. Ia akan menyucikan dan membersihkan hati mereka dan menjadikan Dia sebagai Sahabat dan Juruselamat mereka, asalkan mereka meminta kepada-Nya. Biasanya ada beberapa anak yang mengerti dan bersedia melakukan hal ini.

SARAN-SARAN UNTUK KEGIATAN

Suruhlah anak-anak memejamkan mata mereka sambil membayangkan bagaimana tempat yang sedang disediakan Yesus bagi kita. Kemudian suruhlah mereka menceritakan kepada Anda bagaimana bayangan mereka tentang surga.

Ayat Hafalan:

"Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu." Yohanes 14:2b

Kategori Bahan PEPAK: Perayaan Hari Raya Kristen

Sumber
Judul Buku: 
Cerita Alkitab yang Suka Kudengarkan: Seri Cerita Alkitab untuk Anak-anak
Pengarang: 
Grace Suwanti Tjahya dan Ridwan Sutedja
Halaman: 
159 - 161
Penerbit: 
Kalam Hidup
Kota: 
Bandung

Komentar