Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Sekolah Minggu yang Memiliki Panggilan


Jenis Bahan PEPAK: Artikel

Memulai sebuah Sekolah Minggu yang asal-asalan tidaklah sulit, karena secara praktis yang dibutuhkan adalah seorang guru yang bisa bercerita, beberapa anak untuk menjadi murid, lalu sebuah ruangan dengan fasilitas minimum, mis. papan tulis dan kursi untuk anak-anak duduk. Tetapi untuk memiliki sebuah Sekolah Minggu yang memiliki panggilan, visi dan misi tidaklah mudah. Berikut ini adalah beberapa hal penting yang harus dimiliki agar Sekolah Minggu anda menjadi Sekolah Minggu yang berhasil dan memiliki panggilan.

  1. Visi Sekolah Minggu
    "Bila tidak ada wahyu, menjadi liarlah rakyat" (Amsal 29:18). Pertanyaan: apakah maksud yang mendasari didirikannya Sekolah Minggu di tempat anda melayani? Sekolah Minggu tidak didirikan karena keinginan manusia saja. Allahlah yang menggerakkan manusia yang dikasihiNya untuk memiliki kerinduan menjangkau jiwa-jiwa "kecil" bagi kerajaanNya. Visi Sekolah Minggu adalah melihat jauh ke depan kepada kerinduan Allah untuk bersekutu dengan manusia, di antara mereka adalah anak-anak yang masih muda belia, supaya melalui mereka kasih dan kuasa Tuhan dinyatakan.

  2. Misi Sekolah Minggu
    "Biarkanlah anak-anak itu, janganlah menghalang-halangi mereka datang kepadaKu." (Mat 19:14). Pertanyaan: apa yang ingin dilakukan dan dikerjakan Sekolah Minggu di tempat anda melayani? Melalui kegiatan Sekolah Minggu kita ingin agar anak-anak dapat dengan bebas datang kepada Tuhan Yesus dan menerima Dia menjadi Juruselamat pribadi mereka.

  3. Tujuan Sekolah Minggu
    "Gembalakanlah domba-domba (kecil) KU." (Yoh 21:18). Sekolah Minggu bertujuan untuk:
    1. menjadi sarana yang dapat dipakai Allah untuk mengumpulkan anak-anak dan memberitakan Firman Tuhan kepada mereka.
    2. menjadi sarana agar anak-anak mendapat siraman kasih Allah melalui persekutuan yang diadakan.
    3. menjadi sarana agar anak-anak dimuridkan dan menjadi alat bagi pelebaran kerajaanNya.
(Pokok-pokok di atas diaplikasikan tidak hanya untuk Sekolah Minggu, tetapi juga untuk semua bentuk pelayanan anak, meskipun masing-masing mungkin memiliki penekanan dan metode yang berbeda.)

Jika anda telah lama terlibat dalam pelayanan Sekolah Minggu atau pelayanan anak secara umum, periksalah kembali apakah pelayanan anda memiliki visi, misi dan tujuan yang jelas? Dan apakah sampai saat ini tetap setia melaksanakannya? Apakah hasilnya adalah seperti yang diharapkan. Jika pelayanan anak yang anda lakukan mulai mengalami kejenuhan, periksalah lagi ketiga hal itu, adakah yang kurang? Perlukah pelayanan anda disegarkan agar kembali ke visi, misi dan tujuan yang benar? Pakailah pertanyaan-pertanyaan ini untuk menjadi bahan diskusi di antara para guru yang terlibat dalam pelayanan anak di mana anda berada. Kiranya bahan ini bisa menjadi bahan pergumulan agar pelayanan sekolah minggu anda dibangunkan kembali.

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Sekolah Minggu

Komentar