Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Menulis Surat Bersama-sama


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Berikut ini satu ide menarik yang dapat digunakan GSM dalam rangka kegiatan menulis. Silakan kembangkan sendiri sesuai dengan situasi dan kondisi di Sekolah Minggu Anda.

MENULIS SURAT BERSAMA-SAMA

Tujuan:

Anak berlatih bekerjasama dalam menghadapi suatu peristiwa, dan mengembangkan sikap solidaritas satu sama lain.

Persiapan:
  1. Anak-anak dibuat berkelompok, masing-masing 6-8 anak (jangan lebih banyak).

  2. Setiap kelompok diberi selembar kertas surat dan 1 amplop.

  3. Berikan contoh surat yang bertopik "Sahabat karibku sedang sedih di luar pulau". Guru menulis surat (dalam amplop) yang isinya (dalam garis besar):
    Dari sobatmu si Amin,
    Setelah aku ikut ayah bertransmigrasi ke pulau ini, aku merasa sedih sekali, aku kesepian tidak ada teman bermain seperti kalian, aku tiap hari murung terus, karena kondisi rumah yang sering bocor. Di sekolah tampaknya teman-temanku sombong- sombong, tidak seperti kalian yang ramah. Aku jadi malas ke sekolah, apalagi kelas seringkali berdebu dan kotor. Lebih jengkel lagi karena banyak teman wanitanya, daripada cowok.
    Jangan lupa balas ya suratku ini.
    Terima kasih.
Garis Besar Aktivitas:

Setiap kelompok berperan sebagai sahabat si Amin yang dikirimi surat tersebut (guru berkata "ada surat dari si Amin untuk tiap kelompok"). Guru meminta setiap kelompok membalas surat tersebut, isi balasannya bebas, tetapi cara menulis jawabannya adalah dengan cara sebagai berikut:
  1. Setiap anak hanya boleh menulis satu kalimat, lalu diteruskan teman lainnya.

  2. Setelah semua menulis satu kalimat, baru kembali lagi pada anak pertama, demikian seterusnya jawaban surat itu ditulis secara bergantian setiap anak satu kalimat.

  3. Setelah 10 menit, surat harus diposkan (dalam amplop dengan nama anggota kelompok) kepada guru SM. Kemudian isi surat dibahas bersama di kelas, dengan dibacakan oleh masing-masing kelompok. Guru memberikan komentarnya atas jawaban tersebut.
Di akhir kegiatan guru menjelaskan: Seorang sahabat yang baik itu, adalah sahabat dalam suka dan duka, bersikap solider, bisa memberi nasihat yang baik.

Kegiatan Ini Tepat untuk Menjelaskan:

Sikap yang baik dalam persahabatan, juga tepat menjelaskan kepada setiap anak adalah "gembala kecil" (atau penasihat) buat sesama temannya (guru menjelaskan sedikit teknik bagaimana mendampingi teman yang sedang bersedih hati, mengenai hal ini baca buku-buku pendukung).

Kategori Bahan PEPAK: Aktivitas dan Ketrampilan Anak

Sumber
Judul Buku: 
Teknik Kreatif dan Terpadu dalam Mengajar Sekolah Minggu
Pengarang: 
Paulus Lie
Halaman: 
154 - 155
Penerbit: 
Yayasan Andi
Kota: 
Yogyakarta
Tahun: 
1999

Komentar