Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Manfaat Kegiatan Menulis


Jenis Bahan PEPAK: Artikel

Aktivitas-aktivitas menulis kreatif merupakan pengalaman belajar yang berharga bagi anak-anak, bila pengalaman-pengalaman itu direncanakan sesuai dengan kemampuan anak, dan mereka tidak mendapat hukuman saat mengalami kegagalan. Menuangkan pikiran dalam bentuk tulisan seperti puisi, cerita, buku harian, stanza, hymne, dsb. akan menolong seorang anak untuk mengingat dan kemudian mengembangkan pikiran-pikiran utama yang ingin diekspresikan. Sebagai contoh:
  • Seorang anak yang baru mulai belajar membaca dapat mendiktekan kata-kata atau kalimat-kalimat lalu ditulis oleh guru. Hal ini, melatih anak-anak untuk memiliki catatan yang mengingatkannya tentang ide-ide yang tercetus di kelas.

  • Seorang anak yang menulis surat kepada temannya dan menjelaskan tentang poin-poin utama pelajaran, berarti dia sedang mengembangkan keahliannya dalam mensharingkan iman mereka kepada orang lain.

  • Seorang anak yang menuliskan kembali ayat-ayat Alkitab dengan kata- katanya sendiri, berusaha untuk memahami arti ayat-ayat tersebut dan tidak sekedar mengingat saja.

  • Seorang anak yang memberikan sebuah kata atau frase kepada satu kelompok mengarang, didorong untuk mengetahui bagaimana rasanya menjadi satu bagian dalam kelas dan menikmati keberhasilannya saat idenya diterima.
Manfaat yang diperoleh dari aktivitas menulis kreatif:

Pelajaran di Sekolah Minggu yang berhubungan dengan aktivitas menulis kreatif dapat menolong anak-anak untuk:
  1. Mendata/mendeskripsikan contoh-contoh nyata dari konsep-konsep abstrak seperti mengasihi, mengampuni, menyembah dan melayani.

  2. Menyatakan perasaan anak-anak tentang Allah, atau tentang pengalaman dan kebutuhan mereka.

  3. Menyatukan pikiran saat menuangkan ide-ide mereka dengan kata- kata.

  4. Mengingat saat-saat dimana mereka menerapkan kebenaran Alkitab dalam kehidupannya sehari-hari.

  5. Menunjukkan kasih kepada sesama (misalnya: menulis surat kepada para misionaris atau orang-orang yang di rumah; menulis ucapan terima kasih kepada orangtua atau staf gereja; menawarkan bantuan dengan membuat kupon-kupon bertuliskan "Saya akan menolong Anda", dsb.).

  6. Meningkatkan daya ingat mereka tentang peristiwa-peristiwa di Alkitab dengan cara membuat dan menulis informasi tentang cerita Alkitab.

Kategori Bahan PEPAK: Program Khusus Anak

Sumber
Judul Buku: 
Sunday School Smart Pages
Pengarang: 
Wes & Sheryl Haystead
Halaman: 
109
Penerbit: 
Gospel Light
Kota: 
Ventura
Tahun: 
1992

Komentar