Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Aneka Permainan dan Aktivitas Tertulis


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Permainan tidak selalu harus dilakukan dengan banyak gerakan badan seperti berlari, menari, beryanyi, tetapi ternyata banyak juga permainan yang dapat digunakan dengan cara menulis, seperti beberapa contoh permainan tertulis di bawah ini.

ANEKA PERMAINAN DAN AKTIVITAS TERTULIS

1. Museum Alkitab

Kumpulkan sebanyak mungkin benda-benda atau gambar-gambar yang mengingatkan kembali kepada peristiwa-perstiwa tertentu dalam Alkitab. Letakkan semuanya itu di atas meja dan minta para ASM menuliskan jawaban mereka di atas secarik kertas. Misalnya setumpuk kecil lumpur mengingatkan kepada penyembuhan seorang buta oleh Yesus. Bulir-bulir gandum mengingatkan kepada murid yang memetik gandum pada hari sabat. Kendi mengingatkan kita kepada wanita Samaria di sumur. Demikian seterusnya. Dalam beberapa hal sesuatu benda dapat mengingatkan kepada beberapa kejadian. Kalau itu terjadi, jawabannya masih tepat.

2. Sajak Alkitab

Minta setiap ASM menulis sajak dua baris yang berhubungan dengan tokoh Alkitab. Bagi setiap jawaban yang tepat diberi angka. Contohnya adalah sebagai berikut:
Dialah dokter ulung itu
Yang menulis dalam Alkitab dua buku.
Jawaban: Lukas

3. Mencari Kata Alkitab

Pilihlah kata apa saja dari Alkitab, misalnya benda-benda yang banyak ditemukan, atau kota seperti Betlehem. Mintalah setiap ASM memegang kertas dan pensil masing-masing. Suruhlah mereka menuliskan kata-kata yang Anda pilih itu secara vertikal (huruf- huruf disusun dari dari atas ke bawah). Kemudian mintalah mereka menuliskan nama-nama kota, orang, hewan, dan benda-benda dari Alkitab. Mereka harus memakai huruf-huruf dari kata yang Anda pilih tadi menjadi huruf pertama dari setiap kata yang mereka cantumkan. ASM harus memilih nama-nama yang tidak dipilih oleh orang lain. Masing-masing menyembunyikan kertasnya supaya tidak dicontek ASM lain.

Sesudah waktu yang ditentukan habis, kumpulkan kertas mereka dan bacalah hasilnya. Kalau ASM menuliskan nama-nama dengan benar, dan tidak terdapat nama yang sama dalam kertasnya, maka tiap kata mendapat angka 10. Kalau ada dua nama yang sama, kata-kata yang sama itu masing-masing bernilai lima. Kalau ada lebih dari tiga kata yang sama, maka kata yang sama itu tidak diberi angka sama sekali. ASM yang mendapat angka tertinggi dinyatakan sebagai pemenang.

4. Ayat Kelahiran

Mintalah setiap ASM menyusun huruf-huruf dalam namanya di kertas. Kemudian minta mereka menuliskan sebuah ayat Alkitab secara lengkap, yang huruf permulaannya sama dengan huruf-huruf tadi. Kemudian, dari beberapa ayat yang telah mereka temukan, mintalah setiap orang memutuskan ayat mana yang ia ingin ambil menjadi ayat kencana ulang tahunnya, sebagaimana anak-anak Yahudi memilih ayat kencana di ulang tahun mereka.

5. Surat Buat Yesus

Anak diminta membuat surat untuk Yesus, dapat berisi apa saja "ungkapan" hati anak, surat tidak perlu dikumpulkan. Surat dapat disimpan anak untuk kenang-kenangan, untuk "mengingatkan" anak tersebut akan "janji-keputusan" atau ungkapan batin yang telah mereka tulis.

6. Surat untuk Orang Lain

Minta anak untuk membuat surat ucapan ikut "prihatin" atas suatu musibah "bencana alam" (misalnya) atau surat untuk anak-anak yatim piatu. Surat-surat tersebut dapat diposkan dengan dikoordinasikan oleh guru.

Kategori Bahan PEPAK: Aktivitas dan Ketrampilan Anak

Sumber
Judul Buku: 
Belajar Alkitab Melalui Permainan
Pengarang: 
Ronald F. Keeler
Halaman: 
38 - 41
Penerbit: 
BPK Gunung Mulia
Kota: 
Jakarta
Tahun: 
1997

Komentar