Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Pertandingan Peta


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Bermain dengan menggunakan gambar merupakan salah satu kreasi mengajar yang sangat menyenangkan, khususnya untuk mempelajari gambar peta dalam Alkitab. Nah, melalui kreasi di bawah ini kita dapat membuat pelajaran peta menjadi satu aktivitas yang menyenangkan dan tidak mudah dilupakan oleh anak-anak.

PERTANDINGAN PETA

1. Perjalanan dalam Alkitab.
Persilahkanlah setiap peserta memilih sebuah tempat sebagai permulaan perjalanan. Kemudian sambil menggunakan peta, minta masing-masing menyebutkan peristiwa-peristiwa yang terjadi dari satu tempat ke tempat lain dalam perjalanan itu. Pemain tidak boleh menyebutkan kejadian yang sebelumnya telah disebutkan dalam perjalanan itu. Kalau ia dapat memikirkan sesuatu yang berbeda pada suatu tempat, ia boleh terus berjalan ke kota lain. Siapa yang mampu menyebutkan paling banyak tempat dan kejadian yang menarik, ialah yang keluar sebagai pemenang.

2. Perlombaan menggambar peta.
Setelah setiap peserta diberi kesempatan sebentar untuk mempelajari peta Palestina, suruhlah mereka menggambar peta itu dengan luar kepala. Mereka perlu mencantumkan kota-kota penting, sungai-sungai besar, pembagian daerah atau pembatasan dan sebagainya. Tiap orang boleh mencantumkan apa saja yang diingatnya. Yang mampu menggambar paling lengkap, itulah pemenangnya. Boleh juga Anda menyuruh semua orang yang hadir untuk ikut acara ini. Gambarkanlah garis besar peta Palestina dengan mencantumkan kota-kota besar yang penting, sungai yang paling besar dan daerah-daerah yang terkenal dalam Alkitab.

3. Mencari peta.
Gantunglah peta-peta yang sama pada dinding dalam sebuah ruangan, atau kalau perlu boleh juga hanya satu peta yang besar. Pilihlah dua orang untuk bertanding menunjukkan di mana letak kota-kota, hutan, negara atau tempat-tempat yang menarik. Orang yang lebih dahulu menunjukkan dengan tepat, mendapat angka untuk kelompoknya. Kalau mungkin, gunakanlah peta yang memuat perjalanan Paulus ketika ia mengabarkan Injil.

4. Peta rahasia.
Siapkanlah garis besar peta Palstina, tapi sebagai ganti untuk nama, gunakanlah nomor atau huruf. Peta itu harus cukup besar agar semua orang dapat melihat dengan jelas. Mintalah masing- masing untuk memperhatikan berapa banyak tempat-tempat yang dapat dikenali itu sebelum ia membuat kesalahan. Cara ini dapat juga dipakai untuk perjalanan Pengutusan Injil Rasul Paulus.

Kategori Bahan PEPAK: Aktivitas dan Ketrampilan Anak

Sumber
Judul Buku: 
Belajar Alkitab Melalui Permainan
Pengarang: 
Ronald F. Keeler
Halaman: 
57 - 58
Penerbit: 
BPK Gunung Mulia
Kota: 
Jakarta
Tahun: 
1997

Komentar