Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Apakah Kamu Memerlukan Sebuah Perisai?


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Ajarkan pada murid-murid SM Anda ataupun anak-anak Anda bahwa Tuhan selalu menjadi perisai mereka. Melalui renungan singkat di bawah ini diharapkan anak-anak secara sadar meyakini bahwa Allah akan menudungi dan melindungi mereka senantiasa, selama mereka bersandar penuh kepada kuasa Allah.

APAKAH KAMU MEMERLUKAN SEBUAH PERISAI?

Ketika Daud pergi bertarung melawan Goliat, ia berhadapan dengan seorang yang bertubuh tinggi besar. Goliat membawa sebuah perisai yang besar. Bilamana seseorang memanahnya, Goliat menaruh perisai itu di depannya dan anak panah itu pun akan tertangkis. Jika seseorang mencoba memukul Goliat, ia menaruh perisainya di depannya sehingga ia tidak terpukul. Dia dapat menangkis semua serangan yang ditujukan kepadanya karena ada perisai yang melindunginya. Nah ... Daud yang pemberani dan "berperisaikan" Tuhan dapat mengalahkan Goliat, karena Daud menyerang bagian dahi dari Goliat yang tidak terlindungi oleh perisai.

Perisai-perisai yang digunakan para prajurit pada zaman Alkitab agar tidak terluka adalah buatan manusia. Perisai buatan manusia dapat gagal melindungi manusia dari serangan musuh dan tidak dapat melindungi seluruh bagian tubuh manusia. Buktinya, Goliat dapat dikalahkan oleh Daud karena perisai itu tidak sempurna melindungi kepalanya.

Tahukah kamu bahwa Allah adalah 'Perisai' kita yang sempurna? Allah, 'Perisai' kita yang akan melindungi seluruh tubuh kita dari ujung rambut sampai ujung kaki. 'Perisai' itu tidak pernah gagal melindungi kita.

Renungan Singkat tentang Perlindungan Allah:

  1. Menurut kamu, bagaimana Allah dapat diumpamakan dengan sebuah perisai? Dari hal-hal apakah Ia melindungi kita?
  2. Dapatkah kamu menyebutkan saat-saat di mana kamu memerlukan perlindungan Allah? Apakah kamu meminta Dia melindungimu?

Allah berkata kepada Abraham, "Akulah perisaimu" (Kejadian 15:1). Beberapa tahun kemudian penulis kitab Mazmur berkata, "Tuhan Allah adalah matahari dan perisai" (Mazmur 84:12). Di bagian lain dalam Alkitab, Allah juga menjelaskan bahwa kebenaran-Nya melindungi kita dari panah api si iblis. Hal ini dinyatakan dalam Mazmur 91:4 dan Efesus 6:14. Maukah kamu membacanya?

Renungan Singkat tentang Allah dan Kamu:

  1. Apakah kamu tergoda untuk melakukan sesuatu yang salah minggu ini? Iblis selalu menggoda kita, bukan? Apakah kamu meminta Allah menolongmu?
  2. Jika suatu waktu kamu tergoda untuk berbuat salah, mintalah Allah menjadi 'Perisai'mu untuk melawan si iblis.

Bacaan Alkitab:
Efesus 6:10-18

Kebenaran Alkitab:
Tuhan akan menudungimu dan melindungimu. Kebenaran-Nya akan menjadi 'Perisai'mu (Mazmur 91:4).

Doa:
Ya Tuhan, seringkali saya tergoda untuk berbuat sesuatu yang seharusnya tidak boleh saya lakukan. Terima kasih Tuhan, karena Engkau telah menjadi 'Perisai'ku yang melindungi saya dari anak-anak panah godaan si Iblis. Saya sangat senang karena saya dapat tinggal dekat-Mu sehingga Engkau dapat melindungi saya. Amin!

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Sumber
Judul Buku: 
100 Renungan Singkat untuk Anak-anak
Pengarang: 
V. Gilbert Beers
Halaman: 
38 - 39
Penerbit: 
Yayasan Kalam Hidup
Kota: 
Bandung

Komentar