Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Mengatasi Anak yang Menganggu di Kelas


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Ada seorang guru yang mendapati betapa peraturan kelas berbeda dengan kenyataan yang ada. Dia telah frustasi dengan seorang anak laki-laki yang selalu gelisah dan berkemauan keras yang menolak duduk di bangkunya dan mendengarkan cerita yang dia sampaikan. Dan dia bertanya pada dirinya sendiri, "Apa masalahnya? Bagaimana cara mengatasi hal ini? Apakah saya ingin anak itu duduk di bangku? Ataukah saya ingin dia mendengarkan cerita saya?" Akhirnya guru ini memberikan pilihan kepada anak tersebut untuk duduk di mana saja asalkan dia mau mendengarkan ceritanya dengan tenang dan tidak mengganggu yang lain di sekitarnya. Guru itu terperanjat, ternyata anak itu dengan segera patuh dan mengambil tempat duduk di belakang ruangan di atas lantai dan memberikan perhatian penuh pada ceritanya.

Cerita di atas adalah salah satu contoh bagaimana seorang guru harus cepat tanggap terhadap situasi anak di kelasnya. Berikut ini adalah beberapa saran bagi guru yang menghadapi kesulitan di kelas.

  1. Apabila guru mendapati ada anak yang sulit di atur dan selalu gelisah di kelas berikan alternatif untuk duduk di lantai atau mengubah posisi dengan hati-hati asalkan ia tidak menggangu anak-anak di sekitarnya. Ajarkan dia bertanggung jawab untuk pilihannya.
  2. Apabila seorang guru menginginkan anak mengerti konsep yang sedang diajarkan, berikan kesempatan dan sarana pada anak untuk menjelaskan kembali apa yang ia tangkap kepada guru atau teman sekelasnya, baik verbal maupun tulisan. Sehingga ia merasa mendapat giliran untuk mengekspresikan diri bukan hanya gurunya saja. Misalnya dengan menjawab pertanyaan atau meminta respon dari mereka di tengah-tengah cerita.
  3. Apabila guru mendapati ada anak yang tidak bisa diam (selalu bergerak) sekalipun ia telah duduk di lantai, berikan dia kegiatan lain sementara dia mendengarkan anda bercerita. Misalnya dengan menggerak-gerakkan kakinya atau tanggannya, memainkan gambar tokoh yang sedang diceritakan atau mewarna gambar tokoh yang sedang diceritakan (sebaiknya gambar yang kecil sehingga tidak menyita seluruh waktu dan perhatiannya).

Kategori Bahan PEPAK: Anak - Murid

Sumber
Judul Buku: 
Cara Mereka Belajar
Pengarang: 
Cythia Ulrich Tobias
Penerbit: 
Harvest Publication House
Kota: 
Jakarta
Tahun: 
1996

Komentar