Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Paket Acara SM yang Interaktif


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

  1. PAKET "MINGGU HA ... HA ... HA ...."

    Garis besar acara:
    Humor menjadi selingan pokok setiap acara hari itu, humor yang dipilih adalah humor yang mendidik atau humor yang dapat ditarik suatu pelajaran yang baik.

    Tujuan acara:
    Anak belajar menarik suatu pelajaran dari sebuah humor, dan belajar berhumor secara tertib, bertanggung jawab, dan yang membangun.

    Persiapan acara:
    Guru dan anak mencari humor-humor, guru juga boleh mengadakan lomba naskah humor yang mendidik. guru dapat melihat contoh-contoh humor dari buku-buku humor di toko buku Kristen. Atau, dari situs-situs humor Kristen, misalnya Situs i-Humor <http://www.sabda.org/humor/>.

    Contoh kegiatan dalam paket acara ini:
    Pada setiap mata acara guru menyajikan satu humor, lalu anak diajak menarik pelajaran dari humor tersebut. Humor-humor tersebut kemudian dikaitkan dengan lagu-lagu yang hendak dinyanyikan (sebagai pengantar sebuah lagu.) Izinkan anak juga terlibat dengan membacakan humornya. Jadi, agar hari Minggu itu benar-benar menjadi hari Minggu "ha ... ha ... ha ... ha ...." yang penuh tawa. Gunakan humor juga untuk pengantar cerita dan juga dalam ilustrasi penutup acara Sekolah Minggu, tentu saja harus dipilih humor yang sesuai dengan apa yang hendak diajarkan hari Minggu itu, jadi tidak boleh asal lucu!

    Paket acara ini sangat disukai anak-anak, dan begitu diadakan kedua kalinya anak-anak akan dengan antusias mengumpulkan naskah humornya. Sebagai variasi mintalah satu atau dua anak untuk ikut membacakan naskah humor yang lucu.

  2. PAKET BINTANG TAMU ALKITAB

    Garis besar acara:
    Anak diperkenalkan dengan seorang tokoh dalam Alkitab.

    Tujuan acara:
    Anak semakin mengenal tokoh Alkitab, yang berkaitan dengan cerita hari itu.

    Persiapan acara:
    Tentukan tokoh apa yang akan muncul di kelas (sesuaikan dengan cerita hari itu), carilah informasi secara lengkap dan mendalam mungkin tentang tokoh tersebut, terutama dari kamus dan bahan-bahan PA. Guru menyiapkan juga perlengkapan kostum yang sesuai. Pilihlah tokoh pemeran yang agak mirip dengan ciri-ciri tokoh tersebut (ciri fisik, misalnya, Zakheus pemerannya harus agak kecil).

    Contoh kegiatan dalam paket acara ini:
    Acara Pembukaan: Anak-anak diperkenalkan pada tokoh Alkitab itu.

    Acara doa dan puji-pujian:
    Dapat dipimpin oleh tokoh tersebut. Tentu saja selama acara, tokoh tersebut haruslah berdialog dengan anak-anak, sehingga anak semakin mengenal sifat, keadaan, dan masalah tokoh tersebut. Jadi, ini menjadi pemahaman Alkitab dengan mengenal sang tokoh denga cara yang menarik.

    Acara lain-lain:
    Cerita dan seluruh acara SM dapat melibatkan tokoh tersebut.

  3. POTRET KEHIDUPAN SAHABATKU

    Garis besar acara:
    Seperti paket acara "Bintang Tamu Alkitab" di atas, hanya kali ini bukan tokoh yang sudah dewasa yang diperankan guru SM sebagai "tamu", tetapi justru seorang anak.

    Tujuan acara:
    Anak mengenal berbagai macam pergumulan konkret dari anak-anak seusia mereka, dan mengenal pergumulan dan suka dukanya. Misalnya, tokoh yang hadir adalah anak tukang becak, seorang anak yang menjual koran di perempatan jalan, atau anak yatim, anak pendeta, anak konglomerat, dan sebagainya.

    Persiapan acara:
    Persiapkan konsep wawancara dengan tokoh anak yang akan dihadirkan di kelas. Persiapkan kostum yang sesuai. Jangan lupa pergumulan dan karakter kehidupan tokoh cilik tersebut harus benar-benar dikuasai oleh guru yang akan memerankannya, agar sungguh-sungguh wawancara itu menjadi potret kehidupan yang aktual/nyata.

  4. Contoh paket acara: "Wawancara Aktual dengan Seorang Tokoh"
    Acara ini semakin mengena jika guru mampu memerankan dengan pas tokoh yang dihadirkan. Misalnya, anak petani, anak pemulung, anak yatim, dan sebagainya. Sehingga anak-anak semakin diasah kepekaan sosialnya, semakin dewasa dan berwawasan lebih luas. Mereka juga dapat mensyukuri keadaannya; mereka dapat hidup layak, dan mengasihi orang lain waktu miskin.

Kategori Bahan PEPAK: Metode dan Cara Mengajar

Sumber
Judul Buku: 
Teknik Kreatif dan Terpadu dalam Mengajar Sekolah Minggu
Pengarang: 
Paulus Lie
Halaman: 
142 - 145
Penerbit: 
Yayasan Andi
Kota: 
Yogyakarta
Tahun: 
1999

Komentar