Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Membangun Percakapan dengan Murid


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Membangun percakapan merupakan hal yang penting untuk membantu anak belajar di SM. Membangun percakapan adalah diskusi informal selama aktivitas dalam kelas berlangsung yang bisa mengarahkan pikiran, perasaan, dan fokus anak terhadap pelajaran. Pikirkanlah secara mendalam percakapan yang akan Anda gunakan selama kelas berlangsung, karena hal itu bisa menjadi saat dimana anak-anak mendapatkan pelajaran yang betul-betul berarti bagi mereka.

Percakapan dengan satu anak atau sekelompok kecil anak dapat juga menolong guru SM membangun interaksi dan hubungan yang baik dengan setiap anak. Anak membutuhkan perasaan untuk dikasihi dan perhatian terhadap semua hal yang mereka sukai. Saat Anda berinteraksi dengan murid Anda, carilah kesempatan untuk memberikan pujian dan semangat kepada mereka. Setiap anak perlu tahu bahwa Anda mengakui segala sesuatu yang mereka lakukan dengan baik dan sungguh-sungguh.

Percakapan dapat meonolong Anda untuk menemukan informasi mengenai apa yang diketahui anak (dan yang tidak diketahui anak) mengenai topik yang sedang Anda ajarkan. Melibatkan anak dalam percakapan lebih baik daripada Anda mengajar secara satu arah saja (monolog). Selama proses belajar berlangsung, berusahalah untuk memberikan komentar atau pertanyaan kepada anak-anak untuk menolong mereka lebih mengerti lagi mengenai kata-kata yang asing, ide-ide, kebenaran Alkitab, atau fakta-fakta yang mereka temukan dalam pelajaran hari itu.

Berikut ini adalah beberapa petunjuk untuk membangun percakapan yang lebih efektif selama kelas SM Anda berlangsung:

  1. Persiapan.
    Bacalah setiap informasi yang ada dalam buku pedoman guru SM Anda. Menyatulah dengan pelajaran yang akan Anda ajarkan. Periksa ulang beberapa saran interaksi yang ada dalam buku pedoman Anda. Tulis beberapa pertanyaan untuk murid-murid Anda. Bawa catatan tersebut selama kelas berlangsung.
  2. Tetap berada di dekat murid selama mereka melakukan aktivitas.
    Anak-anak perlu tahu bahwa Anda selalu berada di dekat mereka, siap untuk mendengarkan dan siap pula untuk berbicara.
  3. Mengetahui karakter murid-murid yang Anda ajar.
    Ketahuilah bahwa setiap anak berbeda karakternya. Anda harus peka terhadap keadaan keluarga masing-masing anak dan rencanakanlah percakapan yang bisa mencakup seluruh keadaan keluarga mereka.
  4. Terimalah cara murid merespon percakapan Anda.
    Beberapa anak mungkin cenderung meresponi Anda dengan bahasa isyarat saja, misalnya hanya dengan anggukan kepala atau bahasa- bahasa tubuh yang lain.
  5. Habiskan waktu lebih banyak untuk mendengarkan.
    Tataplah secara langsung murid yang sedang berbicara saat itu. Perlihatkan minat Anda akan apa yang sedang dia katakan dengan memberikan respon terhadap ide yang disampaikannya.

Waktu dan kesempatan untuk membangun interaksi dengan murid SM Anda sangatlah sedikit. Persiapkanlah dengan sungguh-sungguh dan banyaklah berdoa selama 1 minggu, sebelum Anda bertemu kembali dengan mereka. Dengan pertolongan Roh Kudus, setiap kata yang keluar dari mulut Anda dapat menyatakan kasih Allah dan kebenaran kepada murid-murid Anda. (T/Dav)

Kategori Bahan PEPAK: Metode dan Cara Mengajar

Sumber
Judul Buku: 
Sunday School Smart Pages
Pengarang: 
Wes & Sheryl Haystead
Halaman: 
121
Penerbit: 
Gospel Light
Kota: 
Ventura
Tahun: 
1992

Komentar