Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Hadiah Tambahan


Jenis Bahan PEPAK: Artikel

Seorang guru SM akan mengalami berkat yang amat istimewa, bahkan jika Anda seorang guru baru, karena Saudara telah mengetahui bahwa Sekolah Minggu merupakan bagian yang penting dari pelayanan gereja Saudara. Pekerjaan itu harus dikerjakan, karena itu Saudara setuju mengerjakannya.

Namun ada sesuatu mengenai hal belajar Sekolah Minggu yang tidak dapat diajarkan dalam pedoman dan orientasi guru: yakni luar biasa dan indahnya melayani dan menginjili dalam nama Yesus Kristus kepada murid-murid dalam kelas Saudara.

Pada waktu baru mengajar seorang guru SM bertanya-tanya, mengapa guru-guru SM merupakan pekerja-pekerja gereja yang paling bersemangat. Kemudian sampai pada suatu waktu dia mengalami sesuatu hal yang dinamakannya "hadiah tambahan" dari pengajarannya atau hasil penginjilan yang dilakukannya di Sekolah Minggu.

Pada waktu dia pertama kali berdiri di depan kelasnya, dia tidak menyadari kalau dia bukan sekedar seorang guru, melainkan juga seorang penginjil yang menceritakan kepada anak-anak yang mungkin tidak akan didengarnya dari seorang lain, bahwa Yesus mengasihi mereka. Dia mendapatkan bahwa dia sendiri menjadi surat kiriman hidup yang lebih cepat "dibaca" oleh murid-muridnya daripada lembaran buku cerita Sekolah Minggu mereka. Dia menemukan berkat- berkat atau hadiah-hadiah yang istimewa, yang berhubungan dengan pengajaran dan penginjilan dalam Sekolah Minggu, yang sebelumnya hanya dia dengarkan dari para guru SM yang lain.

Kita semua harus yakin bahwa kita memiliki hadiah-hadiah kita sendiri, yaitu hasil dari pengajaran dan penginjilan kita dalam Sekolah Minggu, yang ingin kita ceritakan satu persatu. Berikut ini mungkin adalah hadiah/hasil dari pengajaran/penginjilan yang Anda lakukan:
  1. Menyaksikan murid yang acuh tak acuh, menjauhkan diri, dan tidak ikut serta, tiba-tiba berubah dan mulai terbuka kepada kelas dan kepada Yesus.

  2. Melihat seorang murid yang untuk pertama kalinya mengalami keindahan kebijaksanaan Alkitab diterapkan pada kehidupannya sendiri.

  3. Mendengar suara yang kecil -- dengan iman seorang anak yang polos namun mendalam -- berdoa dan percaya untuk sesuatu kebutuhan yang khusus.

  4. Mengalami kesuakaan yang tiada taranya, yang tidak dapat dilukiskan ketika seorang anak memohon Kristus masuk ke dalam hatinya.

  5. Bergembira bersama seorang murid yang mengambil langkah dan penyerahan untuk menguburkan kehidupan yang lama dalam baptisan air.

  6. Memperhatikan murid yang dahulu paling mengganggu kini menjadi dewasa, tidak secara jasmani dan pikirannya, tetapi secara rohani juga.
Contoh hasil-hasil pengajaran dan penginjilan di atas bukanlah kemenangan kita sebagai guru SM -- segala puji kepada Allah yang melakukan semuanya itu -- tetapi pengalaman-pengalaman itu merupakan hadiah tambahan kita semua sebagai guru SM.

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Anak Umum

Sumber
Judul Buku: 
Buku Pintar Sekolah Minggu jilid 1
Halaman: 
177
Penerbit: 
Yayasan Penerbit Gandum Mas
Kota: 
Malang
Tahun: 
1997

Komentar