Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Menyentuh Masa Depan


Jenis Bahan PEPAK: Artikel

Touch the future. I teach.

Begitu cukilan dari Christa McAuliffe seorang astronot dan pendidik asal negeri paman Sam.

Hari ini, penggalan ini sangat menginspirasi saya untuk lebih menghargai profesi saya saat ini sebagai seorang pengajar kalau belum boleh disebut pendidik.

Kalau buat sebagian besar profesi lain masa depan itu masih sangat kabur untuk dapat dilihat, tapi sungguh tidaklah sulit bagi profesi saya.

Setiap hari saya bergelut dengan makhluk-makhluk termanis di muka bumi yang disebut anak-anak. Lewat merekalah saya benar-benar merasa menyentuh masa depan. Bagaimana tidak? Mereka adalah generasi-generasi yang akan menggantikan kita. Mereka bukan sekadar anak-anak, tetapi dokter, ilmuwan, politisi, pemuka agama, aristek ... (dst) masa depan. Mereka mungkin dapat membawa dunia ke arah yang lebih baik ataupun sebaliknya ....

Sebagai guru, saya berpandangan bahwa mendidik mereka (dalam artian tidak sekadar mentransfer aspek kognitif tetapi juga aspek-aspek moral dan afektif) sama dengan membentuk masa depan. Dari kelas-kelas di sekolah dasar yang bagi sebagian orang bukanlah suatu profesi yang bergengsi, kita guru-guru SD, membentuk peradaban. Sadar atau tidak, dari sudut-sudut sekolah dasar yang mungkin terlupakan kita sebenarnya telah mengubah masa depan dunia.

Maka bahagialah saya karena boleh turut berkarya mengubah dunia lewat malaikat-malaikat kecil saya yang pastinya akan menggantikan generasi kita kelak.

Singkatnya, bagi seorang guru sekolah dasar masa depan bukanlah suatu yang maya dan jauh dari jangkauan. Setiap hari kami menyentuhnya ... dan bukan hanya menyentuh, kami membentuk masa depan itu.

URL: http://www.sabdaspace.org/menyentuh_masa_depan

Oleh: clara_anita

Kategori Bahan PEPAK: Kesaksian Guru

Komentar