Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Beri Tempat Bagi yang Baru


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Seorang guru SM yang berbuah dalam pelayanannya pasti berorientasi pada perubahan hidup murid-muridnya. Mereka akan selalu rindu agar anak-anak yang mereka didik dapat meninggalkan hidup lamanya dan masuk dalam kehidupan baru bersama Yesus Kristus. Ajaklah anak-anak untuk menerima kehidupan baru dalam Yesus melalui bahan mengajar berikut ini.

BERI TEMPAT BAGI YANG BARU

Alat Peraga:
Sepasang sepatu baru.

Ayat Alkitab:
Yohanes 3:1-17

Tema:
Kebiasaan atau hal-hal lama harus pergi agar yang baru boleh datang.

Cerita:
[Saya menggunakan sepatu dalam kegiatan ini. Namun, Anda juga dapat menggunakan topi, sarung tangan, atau benda-benda lain yang memberikan ilustrasi bahwa kita harus meninggalkan cara lama dan memberi tempat bagi cara hidup yang baru.]

SELAMAT PAGI! MINGGU LALU saya membeli sepasang sepatu baru. Saya sangat menyukai sepatu ini, tetapi saya belum pernah memakainya. Sepatu saya yang lama harus diganti. Saya telah memakainya lama sekali, dan bahkan sekarang sudah berlobang.

Saya sangat menyukai sepatu baru ini, sehingga saya ingin sekali menunjukkannya kepadamu bagaimana rupanya kalau saya pakai. Mari kita lihat. Hmmm ... mudah-mudahan ukurannya tidak salah.

[Pakailah sepatu itu tanpa melepaskan sepatu lama Anda.]

Lho kenapa sempit? Apakah menurutmu ukuran kaki saya membesar? Apa yang salah? Oh, ternyata saya harus melepaskan sepatu lama saya dulu. Benar! Saya tidak dapat memakai sepatu yang baru tanpa melepaskan sepatu yang lama.

Begitu pun dengan hidup kita. Kita harus melepaskan yang lama dan memakai yang baru. Sering kali, dalam hidup ini, kita harus melepaskan yang lama dan menambahkan yang baru. Kamu semua sudah tidak lagi merangkak dan mulai berjalan. Setiap tahun di sekolah, kamu meninggalkan kelas yang lama dan maju ke kelas yang baru.

Demikian juga dalam hubungan kita dengan Tuhan. Kita dapat melepaskan yang lama dan menjadi baru setelah kita percaya dan berserah kepada Tuhan. Setelah kita mengaku di hadapan Tuhan bahwa kita percaya dan berserah kepada-Nya, maka hidup kita menjadi baru. Kebiasaan dan kesalahan kita yang lama dapat kita tinggalkan, dan kita berusaha sekuat tenaga menjalankan hidup kita agar dapat menyenangkan Tuhan.

Sepanjang hidup kita, hubungan kita dengan Tuhan berubah. Kita tahu bahwa Tuhan selalu bersama kita. Setelah kita bertumbuh dan lebih mengenal Tuhan, maka hubungan kita dengan Tuhan juga bertumbuh. Siap-siaplah untuk tumbuh dan mempelajari hal-hal baru!

Doa:
Ya Tuhan, terima kasih Engkau telah menjadikan kami manusia baru, setelah kami percaya dan berserah kepada-Mu. Kiranya teruslah memimpin kami supaya semua perbuatan kami selalu menyenangkan hati-Mu. Amin!

Kategori Bahan PEPAK: Penginjilan Anak - Misi Anak

Sumber
Judul Buku: 
Ceritakan untuk Anak-anak Sekolah Minggu (Buku I): Sebuah Sumber Ibadah
Pengarang: 
Donna McKee Rhodes
Halaman: 
105 - 107
Penerbit: 
Gospel Press
Kota: 
Batam

Komentar