Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Pertanyaan Doa Anak: Mengapa Menutup Mata Pada Saat Berdoa?


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Sehubungan dengan mengajarkan sikap doa kepada anak kelas kecil, minggu ini kami tampilkan pertanyaan anak tentang sikap yang benar saat berdoa.

MENGAPA MENUTUP MATA PADA SAAT BERDOA?

Pertanyaan:
Mengapa kita menutup kedua mata kita pada saat kita berdoa?

Jawaban:
Kita menutup kedua mata kita terutama untuk tujuan membantu kita melakukan konsentrasi dalam doa kita. Setiap saat kedua mata kita terbuka, kita dapat melihat setiap kejadian di sekeliling kita dan kemudian kita memikirkannya. Kita tidak akan memikirkan sedemikian banyak tentang Allah atau pembicaraan kita dengan Dia. Karena itu, orang-orang menutup kedua mata mereka pada saat mereka berdoa karena dengan demikian, sikap tersebut akan dapat membantu mereka melakukan konsentrasi atas apa yang mereka katakan.

Kita dapat berdoa dengan tetap membuka kedua mata kita. Tertutup atau terbuka tidak menjadi masalah bagi Allah. Hai ini dipermasalahkan hanya karena masalah konsentrasi dan menutup kedua mata kita dapat membantu masalah ini.

Ayat Kunci:
Tetapi pemungut cukai itu berdiri jauh-jauh, bahkan ia tidak berani menengadah ke langit, melainkan ia memukul diri dan berkata: Ya Allah, kasihanilah aku orang berdosa ini. (Lukas 18:13)

Ayat Terkait:
Mazmur 123:1-2; Yohanes 17:1.

Catatan untuk Para Orangtua dan Guru:
Beberapa anak kecil memiliki kesulitan dalam menutup kedua mata mereka. Janganlah hal itu dipermasalahkan. Berusahalah agar mereka menutup kedua matanya dengan tangan-tangan mereka atau anjurkanlah agar kepala dan tangan-tangan mereka diusahakan diam tidak bergerak.

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Sumber
Judul Buku: 
107 Pertanyaan Anak-anak tentang Doa (Terjemahan dari 107 Question Children Ask about Prayer)
Pengarang: 
Dave Verman, Jim Galvin, Jim Wilhoit, Daryl Lucas, Rick Osborne, Jon Farfar, Lil Crump
Halaman: 
23
Penerbit: 
Betlehem Publishers
Kota: 
Jakarta
Tahun: 
1998

Komentar