Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Mengusahakan Perpustakaan


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Perpustakaan gereja seharusnya berisi berbagai sumber bahan pengajaran yang dapat melengkapi GSM dalam membuat bahan persiapan mengajar, dalam mengajar dan dalam menumbuhkan pengetahuan dan memperkaya kehidupan rohaninya. Perpustakaan ini dapat berisi buku, buletin, naskah, artikel, kaset, video kaset, dan sebagainya.

Pada setiap tahun, Sekolah Minggu harus mengajukan anggaran belanja untuk pengadaan sumber bahan pengajaran. Apabila terdapat kesulitan dalam masalah keuangan, buatlah daftar sumber bahan atau buku yang dibutuhkan dengan mencantumkan harganya. Daftar buku beserta harganya ini dapat diedarkan kepada anggota jemaat (dengan seijin gereja) dan meminta mereka agar terlibat dalam pendanaan bahan pengajaran Sekolah Minggu ini.

Untuk memaksimalkan penggunaan, GSM (terutama yang baru) sebaiknya diberi orientasi tentang cara menggunakan berbagai macam bahan dan cara mempelajari sumber bahan perpustakaan tsb. Akan lebih efektif lagi jika guru senior dapat memberikan petunjuk dan penjelasan tentang tema dari masing-masing buku, artikel, khusus dari buletin, atau kaset, atau dari video kaset dsb. yang tersedia di perpustakaan.

Agar GSM semakin bersemangat dalam menggunakan bahan-bahan yang tersedia di perpustakaan tsb. sediakanlah kesempatan dimana GSM dapat saling membagikan apa yang mereka baca dan pelajari dalam forum khusus, misalnya dengan membentuk "Book Club". Dengan demikian GSM terpacu untuk belajar karena ia tidak belajar untuk diri sendiri, tapi juga untuk dibagikan bagi rekan-rekan yang lain. Mengusahakan perpustakaan sebagai sumber pengajaran GSM adalah sangat menguntungkan dan memperkaya GSM.

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Sekolah Minggu

Sumber
Judul Artikel: 
Developing a Learning Resource Center
Judul Buku: 
Super Sunday School Source Book
Halaman: 
10
Penerbit: 
David C. Cook Publishing Co.
Kota: 
Westin, Illinois

Komentar