Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Deskripsi Tugas Guru Sekolah Minggu


Jenis Bahan PEPAK: Artikel

Guru Sekolah Minggu memerlukan deskripsi tugas yang jelas untuk menghindari terjadinya kesalahpahaman antara hal-hal yang ingin dicapai dengan tanggung jawab yang dimilikinya. Deskripsi tugas tersebut juga dapat digunakan sebagai sarana untuk mengevaluasi diri, sekaligus dapat menolong guru senior untuk menetapkan dengan jelas hal-hal yang ingin dicapai oleh Sekolah Minggu kepada mereka yang rindu untuk mengajarkan Firman Allah kepada orang lain (menjadi relawan).

Beberapa elemen penting dalam pembuatan deskripsi tugas yang perlu diketahui oleh setiap guru Sekolah Minggu:

1. Mengapa Kita Mengajar Sekolah Minggu

GSM memahami bahwa mengajar adalah hal yang ditugaskan Allah (Ulangan 6:6-7; Matius 28:19-20). Mengajarkan Firman Allah adalah hal yang paling dibutuhkan anak-anak-Nya agar imannya dapat bertumbuh.

2. Mengenal Allah secara Pribadi

Setiap GSM harus mengenal Allah secara pribadi dan terus bertumbuh dalam kedewasaan iman sehingga dia dapat mengajarkan Firman Allah kepada orang lain. Beberapa hal yang perlu diperhatikan: apakah GSM mengikuti persekutuan dan memiliki waktu doa yang teratur? apakah GSM menjalin hubungan yang baik dengan Allah dan sesamanya di gereja? apakah GSM mengetahui caranya untuk menuntun seorang murid kepada Allah?

3. Mengetahui Apa yang Kita Ajarkan

GSM harus memiliki pemahaman tentang doktrin-doktrin Alkitab dan gereja.

4. Memahami Apa yang Dibutuhkan Anak-anak

GSM harus belajar tentang bagaimana cara mengajar yang baik, termasuk memahami tentang karakteristik anak dalam berbagai tingkatan usia dan kebutuhan-kebutuhan mereka.

5. Tanggung Jawab Guru dalam Mengajar

GSM harus sepenuh hati menyisihkan waktunya untuk mempersiapkan pelajaran, termasuk setia mengajar di kelasnya, menciptakan ide-ide kreatif dalam mengajar, dan bersedia mengevaluasi hal-hal yang telah dilakukannya.

6. Mengikuti Pelatihan

GSM perlu mengikuti pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan gerejanya. Bahkan, banyak Sekolah Minggu yang mengadakan pelatihan tentang cara mengajar yang efektif untuk semua tingkatan usia.

7. Pelayanan di Luar Kelas

Tentunya GSM tidak dapat mengunjungi semua anak di kelasnya. Namun GSM wajib mengetahui kondisi masing-masing anak didiknya -- siapa yang sakit, siapa yang jarang masuk? apa yang mereka butuhkan? dsb.

8. Bergaul dengan Anak-anak di Luar Kelas

Penting bagi GSM untuk menyadari perlunya menjalin kontak dengan anak-anak di luar kelas. GSM dapat meluangkan waktu untuk mengadakan acara-acara informal seperti mengadakan pesta kelas, atau pesta pujian atau makan siang di rumah anak-anak tersebut.

Kategori Bahan PEPAK: Guru - Pendidik

Sumber
Judul Artikel: 
Job Descriptions for Teachers
Judul Buku: 
Super Sunday School Source Book
Halaman: 
13 - 14
Penerbit: 
David C. Cook Publishing Co.
Kota: 
Westin, Illinois

Komentar