Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Kasih: Inti Jawaban


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

REFLEKSI UNTUK GURU/ORANG TUA

Baru-baru ini, di suatu kelas yang membicarakan tentang perjamuan kudus dalam masa Paskah, seorang anak laki-laki berusia tujuh tahun bertanya kepada saya, "Mengapa Yesus harus mati?"

Kita memiliki banyak pertanyaan berkenaan dengan iman kita. Mengapa Allah menciptakan manusia? Mengapa Allah memusnahkan bumi dengan air bah? Mengapa Allah mengutus begitu banyak orang untuk membawa kita kembali pada-Nya? Mengapa Allah datang ke dunia pada tengah malam sebagai seorang bayi? Mengapa Allah digantung di kayu salib dan mati? Mengapa Allah hidup kembali, dan menentang hukum alam yang ada?

Saya tidak bermaksud menerangkan tujuan-tujuan Allah. Namun yang saya tahu adalah bahwa inti jawaban dari pertanyaan-pertanyaan itu adalah kasih. Bukan kasih yang sekadar didorong oleh emosi tetapi yang dinyatakan melalui suatu tindakan oleh karena adanya kehendak. Bahwa Allah berkehendak mengasihi kita dan tak peduli berapa harga yang harus Dia bayar. Dia berkehendak agar tak ada sesuatu pun yang dapat memisahkan kita dari kasih-Nya. Dia juga berkehendak agar kita saling mengasihi satu sama lain dengan kasih yang sama seperti kita telah dikasihi oleh-Nya.

REFLEKSI UNTUK SELURUH ANGGOTA KELAS SM/KELUARGA

Sukar untuk menerangkan apakah kasih itu dan mungkin memang tak perlu diterangkan. Dalam Alkitab terdapat gambaran yang sangat bagus tentang kasih, sehingga kamu akan segera mengenalinya saat kamu menjumpainya. Namun di atas semua itu, ingatlah bahwa Allah mengasihimu lebih dari diri-Nya sendiri! Allah tidak ingin ada sesuatu yang memisahkan kita dari-Nya. Dan ingatlah juga bahwa kasih kita akan semakin bertambah bila kita memberikannya juga kepada orang lain. Yesus mengajarkan kita tentang hal itu.

Hari 1: Persahabatan Daud dan Yonatan (1 Samuel 20)

  1. Bagaimana Yonatan menyelamatkan hidup Daud?
  2. Siapakah sahabatmu? Apa yang paling kamu sukai darinya?

Hari 2: Hukum Terutama yang Pertama dan Kedua (Matius 22: 34-40) Orang-orang Farisi dan Saduki adalah para tokoh agama terkemuka. Mereka tidak suka melihat Yesus menjadi terkenal dan mencoba untuk menjatuhkan wibawa-Nya pada setiap kesempatan. Pada dasarnya mereka umumnya tidak percaya bahwa Yesus adalah Kristus.

  1. Apa yang tergantung pada kedua hukum ini?
  2. Menurutmu, siapakah sesamamu manusia? Bagaimana kamu dapat menyatakan kasih kepada sesama?

Hari 3: Allah Begitu Mengasihi Dunia Ini (Yohanes 3:16-17)

  1. Bagaimana Allah menyatakan kasih-Nya kepada dunia?
  2. Bagaimana Allah terus menunjukkan betapa besar Dia mengasihimu?

Hari 4: Tak Ada Kasih yang Lebih Besar (Yohanes 15:7-17)

  1. Bagaimana Yesus menggambarkan kasih yang terbesar?
  2. Ceritakan hal paling sukar yang harus kamu lakukan karena kamu mengasihi seseorang (termasuk di dalamnya hal-hal seperti mengampuni, memberi kesempatan kedua, mengucapkan kata perpisahan, merelakan sesuatu yang berharga, dan memberikan kesempatan pada orang lain)

Hari 5: Apa yang Akan Memisahkan Kita? (Roma 8:31-39)

  1. Apa yang menurut Paulus dapat memisahkan kita dari kasih Allah?
  2. Apa saja yang membuat kamu tak dapat menikmati kasih Allah?

Hari 6: Perwujudan Kasih (1 Korintus 13:1-13)

  1. Apa saja yang akan lenyap dan apa saja yang tak akan pernah berakhir?
  2. Baca ayat 4 sekali lagi. Diskusikan ayat ini dan renungkanlah saat-saat ketika seseorang dalam keluarga Anda bersikap "sabar" dan "baik" serta tidak iri atau sombong.

AKTIVITAS KHUSUS: BINGKISAN KASIH

Anda membutuhkan sesisir pisang, spidol, dan kertas berbentuk hati. Dalam diskusi, pikirkanlah seseorang yang akan Anda beri bingkisan kasih (Pendeta Anda, atau guru sekolah Minggu, dapat menjadi pilihan yang tepat). Pada kertas berbentuk hati tadi tuliskanlah "Allah Mengasihi Anda Seutuh Pisang ini dan Demikian Pula Kami!" Kemudian hiasilah pisang-pisang itu dengan spidol. Anda dapat memilih ayat- ayat Alkitab dari bahan studi minggu ini dan menuliskan pada pisang- pisang itu atau membuat satu atau dua buah gambar. Kirimkan bingkisan itu bersama-sama.

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Sumber
Judul Buku: 
Belajar Bersama
Pengarang: 
Janice Y. Cook
Halaman: 
48 - 50
Penerbit: 
Yayasan Gloria
Kota: 
Yogyakarta
Tahun: 
1999

Komentar