Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Roh Tuhan adalah Kudus


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Bahan mengajar ini sebaiknya dipakai untuk anak-anak Kelas Besar karena banyak konsep-konsep yang bersifat abstrak yang akan sulit dipahami oleh anak-anak kecil. Undangan untuk menerima Kristus pada akhir pelajaran akan sangat efektif jika dipersiapkan dengan follow-up yang baik.

ROH TUHAN ADALAH KUDUS

Dalam Alkitab, Roh Tuhan disebut Roh Suci atau Roh Kudus. (Lihat Yohanes 14:6)

BAGAIMANAKAH ROH KUDUS ITU?

Ia kekal, Ia akan hidup untuk selama-lamanya, Ia tahu segala hal, Ia berada di mana-mana, dan memiliki kuasa yang besar untuk melakukan pekerjaan-Nya.

APAKAH PEKERJAAN ROH KUDUS ITU?

Mulai dari Kejadian sampai Wahyu, Alkitab membicarakan pekerjaan Roh Kudus. Pertama kalinya Ia disebut dalam Kejadian 1:2, yang mengatakan bahwa Ia mempunyai bagian dalam penciptaan.

Salah satu perkara yang terpenting yang dilakukan Roh Kudus adalah membuat manusia tahu bahwa mereka orang berdosa dan perlu menerima Yesus sebagai Juruselamat mereka. Alkitab mengatakan bahwa Roh Kudus itulah yang menarik kita kepada Juruselamat. Ia yang menolong kita supaya tahu apa yang perlu dikatakan apabila kita bersaksi tentang Yesus kepada orang lain, dan Ia akan menolong mereka untuk menyadari bahwa mereka perlu Yesus sebagai Juruselamat mereka.

Firman Allah mengatakan bahwa Roh Kudus itu adalah guru. Roh Kuduslah yang menolong kita memahami Alkitab pada waktu kita membaca atau mendengar Firman Allah diajarkan atau dikhotbahkan. Roh Kudus juga menolong kita mengetahui rencana Allah bagi kita; karena Dia adalah penolong kita, maka Dia juga mampu menolong kita melakukan perkara-perkara yang diinginkan Allah.

Roh Kudus memberi kita sukacita. Ia membuat orang yang sedih menjadi bersukacita dan menolong kita membuat orang lain gembira.

Roh Kudus ingin menghormati dan memuliakan Yesus. Jika kita meminta kepada-Nya, maka Ia akan menolong kita menyanyi, bermain, atau apa saja yang kita kerjakan bagi Yesus, sehingga dengan demikian kita akan sungguh-sungguh menghormati Dia dan menolong orang lain mengenal Dia juga.

Roh Kudus akan menolong kita mengingat-ingat apa yang telah kita baca dalam Alkitab.

BAGAIMANA CARANYA SUPAYA KITA MENDAPAT PERTOLONGAN DARI ROH KUDUS?

Sebelum Yesus kembali ke surga. Ia berkata kepada para pengikut-Nya bahwa Ia akan meninggalkan mereka tetapi Ia akan mengirim Roh Kudus untuk menjadi Penolong mereka. Sebagaimana Yesus mengirimkan Roh Kudus kepada 120 orang di ruang atas di Yerusalem pada Hari Pentakosta, demikian pula Ia mengirimkan Roh Kudus kepada jutaan orang di muka bumi.

BAGAIMANA CARANYA SUPAYA KITA BISA MENERIMA ROH KUDUS?

Yesus juga akan mengirimkan Roh Kudus kepada kita apabila kita meminta kepada-Nya. Kita perlu pertolongan Roh Kudus untuk hidup bagi Yesus dan untuk menceritakan tentang Dia kepada orang lain.

BAGAIMANA KITA HARUS BERSIAP SEDIA BAGI ROH KUDUS UNTUK DATANG MEMENUHI KITA?

Pertama, kita harus menerima Yesus sebagai Juruselamat kita agar dosa kita diampuni. Kemudian kita juga harus menginginkan Roh Kudus sehingga kita dapat berkenan kepada Yesus dan melakukan kehendak- Nya.

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Sumber
Judul Buku: 
Buku Pintar Sekolah Minggu jilid 2
Halaman: 
85
Penerbit: 
Yayasan Penerbit Gandum Mas
Kota: 
Malang
Tahun: 
1996

Komentar