Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Menyelenggarakan Kebaktian Padang


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Berikut beberapa tips mengenai hal-hal apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam penyelenggaraan kebaktian padang.

  1. Lokasi

    Sesuai dengan namanya, kebaktian padang identik dengan kegiatan di alam terbuka. Suasana pegunungan atau perkebunan teh, misalnya, adalah tempat yang sangat cocok untuk menyelenggarakan kegiatan ini. Dalam memilih tempat, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan.

    1. Pilihlah lokasi yang tidak terlalu jauh. Selain menghindari lelah, juga agar waktu tidak terlalu banyak terbuang untuk perjalanan supaya setelah acara kebaktian padang masih ada cukup waktu untuk berekreasi dan mengadakan acara pengakraban.
    2. Pilih lokasi yang mudah dijangkau sarana transportasi. Akan lebih baik jika tempat itu dilalui oleh jalur transportasi umum seperti bus. Dengan begitu, kita bisa menghemat anggaran karena tidak perlu menyewa bus untuk satu hari. Lokasi yang mudah dijangkau juga akan memudahkan kita untuk mendapatkan pertolongan jika seandainya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
    3. Walaupun berupa kebaktian padang, kita ingin acara itu bisa membuat semua orang mengetahui atau mengenal Yesus. Oleh karena itu, kebijaksanaan dalam mencari lokasi tetap diperlukan. Cari lokasi dengan lingkungan yang netral dan jangan lupa untuk mengurus izin mengadakan kegiatan jika diperlukan. Ini untuk mencegah terjadinya gesekan-gesekan dan sentimen yang tidak diinginkan.

  2. Waktu

    Jangan mengadakan kebaktian padang sekitar bulan September - Maret karena biasanya sering turun hujan. Jika terpaksa mengadakan pada bulan itu, pilihlah tempat yang memiliki bangunan seperti pendopo atau bungalow yang bisa dijadikan tempat berteduh jika hujan turun.

    Buatlah perkiraan lama perjalanan. Jangan lupa menambahkan sedikit waktu untuk hal-hal tak terduga yang mungkin terjadi. Ini diperlukan agar kita bisa memperkirakan jam berapa kita akan sampai di lokasi kegiatan, kapan memulai acara, dan jam berapa kita bisa sampai kembali di rumah.

  3. Bentuk acara

    Bentuk acara sebenarnya sangat fleksibel disesuaikan dengan medan/lingkungan yang telah kita pilih. Cobalah untuk mengamati lingkungan di sekitar tempat kegiatan, dan berfikirlah kreatif. Manfaatkan kondisi lingkungan sekitar untuk menghidupkan acara. Mungkin dengan mengadakan beberapa permainan unik seusai kebaktian.

    Jika ingin mengadakan acara permainan, hindari permainan yang bisa membuat anak-anak cedera. Pilihlah kegiatan yang lebih santai tapi sarat dengan unsur kebersamaan.

  4. Konsumsi

    Konsumsi bisa disiapkan dan dibawa dari rumah atau jika lokasi tujuan kita berupa daerah objek wisata, kita bisa memesan makanan dari sana.

    Jika kita memilih menyiapkan konsumsi dari rumah, keuntungannya adalah kita bisa menekan anggaran, pilihan makanan lebih fleksibel. Sedangkan kekurangannya adalah tidak praktis, mengingat semuanya harus kita bawa dari rumah, mulai dari makanan hingga perlengkapan makan. Hindari masakan yang mengandung banyak kuah atau masakan-masakan yang cara menghidangkannya tidak praktis.

    Jika konsumsi kita pesan di tempat/lokasi kegiatan, keuntungannya adalah lebih praktis karena kita tidak perlu susah-susah membawa dan menyiapkan masakannya dari rumah. Cukup datang dan bayar, urusan pun selesai. Namun, usahakan melakukan survey terlebih dahulu untuk mendapatkan harga dan menu yang sesuai. Jangan lupa untuk memerhatikan kebersihan makanan.

Oleh: Kristian Novianto

Kategori Bahan PEPAK: Program Khusus Anak

Komentar