Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Kegiatan dengan Memakai Alkitab?


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Kegiatan yang baik dilakukan dalam kebaktian padang adalah kegiatan yang menggunakan Alkitab. Beberapa aktivitas berikut ini dapat menjadi alternatif untuk mengisi kegiatan kebaktian padang.

  1. Buku-buku dalam Alkitab
    Sebutkanlah satu peristiwa dalam Alkitab atau baca sebuah ayat. Kemudian minta peserta menyebutkan di dalam kitab apa, kejadian atau ayat tersebut terdapat. Setiap jawaban yang benar nilainya 10.
  2. Lomba baca Alkitab
    Tugaskanlah para peserta lomba untuk membaca sebuah pasal dari Alkitab, selama waktu tertentu. Misalnya, dalam satu atau dua minggu. Kemudian berilah ujian yang meliputi bahan yang mereka pelajari itu. Bagi peserta yang memperoleh nilai yang paling baik, sediakanlah hadiah.
  3. Lomba cerita Alkitab
    Mintalah para peserta mempersiapkan cerita masing-masing terlebih dahulu. Kemudian pilih beberapa orang juri untuk menilai. Lalu berikanlah hadiah bagi pemenang utama, kedua, dan ketiga.
  4. Lomba membaca
    Mintalah para peserta menghafalkan bagian-bagian Alkitab yang Anda pilih. Kemudian minta bebarapa orang juri untuk menentukan siapa-siapa yang menjadi pemenang. Barangkali pada suatu saat Anda ingin memprakarsai suatu perlombaan di mana para peserta langsung membaca dari Alkitab. Mintalah juri menilainya.
  5. Lomba menemukan ayat
    Permainan ini telah lama digemari. Mintalah peserta untuk menemukan ayat Alktiab yang sangat berarti. Ketika seorang peserta menemukannya, ia boleh berdiri dan membacakannya. Bila bagian itu tepat, ia memperolah angka. Kalau diadakan secara beregu, regunyalah yang memperoleh nilai. Di bawah ini ada bagian-bagian Alkitab yang dapat dipakai. Kel. 20:12; Rut 1:16; Kej. 2:2; Mzm. 33:12; Ams 12:2; 1Sam. 2:26; Ayb. 19:25, Mzm. 120:1; Ams. 7:2; Neh. 8:8; Rat. 5:21; Dan. 12:3; Yoh. 1:51; 1Kor 10:21; 2Tim. 2:15; Kis. 2:38; Mrk. 16:16; Why. 22:12; Ibr. 5:8; Kol. 3:1; Fil. 4; Mat. 7:13; 1Tes. 4:6; Yak. 2:24; 1Ptr. 4:9; dan Yudas 21.
  6. Menguraikan Alkitab
    Pemimpin membacakan sebuah ayat Alkitab. Kemudian peserta bergiliran memberikan komentar atau uraian tentang ayat tersebut. Untuk maksud ini beberapa ayat dapat digunakan. Ayat-ayatnya boleh berurutan atau dipilih dari beberapa buku yang berbeda.
  7. Nama buku Alkitab
    Peserta-peserta duduk dalam wujud lingkaran. Orang yang memulai permainan ini menyebutkan sebuah nama kitab dalam Alkitab. Peserta di sebelahnya menyebutkan ulang nama kitab tadi, sambil menambah sebuah nama kitab lain dalam Alkitab. Orang berikutnya menyebut kembali kedua nama itu dan menambahkan sebuah nama lain. Ini terus berlangsung secara berkeliling, sampai ada peserta yang tak dapat menyebutkan nama-nama tadi dengan tepat. Orang yang gagal itu dinyatakan gugur. Permainan ini bagus untuk latihan menghafalkan nama-nama kitab dalam Alkitab. Nama-nama orang atau benda dari Alkitab boleh juga Anda gunakan.
  8. Kata-kata yang hilang
    Tuliskan beberapa ayat Alkitab bagi masing-masing kelompok. Setiap ayat tidak lengkap karena ada kata yang kurang. Pada saat aba-aba diberi, mintalah para peserta untuk mencari kata hilang itu. Kelompok yang paling dahulu menemukannya dinyatakan menang.

Kategori Bahan PEPAK: Aktivitas dan Ketrampilan Anak

Sumber
Judul Buku: 
Belajar Alkitab Melalui Permainan
Pengarang: 
Ronald F. Keeler
Halaman: 
9 - 12, 28 dan 32
Penerbit: 
BPK Gunung Mulia
Kota: 
Jakarta
Tahun: 
1997

Komentar