Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Anak-anak Punya Kuasa


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Alat Peraga:
Daftar kata-kata baik/buruk.

Ayat Alkitab:
Mazmur 19:14

Tema:
Anak-anak dapat memilih, kuasa BAIK atau kuasa jahat.

Penyampaian:
Mari kita mulai dengan pertanyaan. Apakah hal yang paling berkuasa yang kamu ketahui?

(Jawaban-jawaban anak-anak sering kali berkaitan dengan kekuatan fisik yang dipandang sebagai suatu bentuk kuasa -- menangkap bola, berlari, dan sebagainya.)

Tahukah kamu, anak-anak juga punya kuasa? Kamu mempunyai kekuatan fisik untuk berlari, melempar bola, dan melakukan kegiatan lainnya. Kamu menggunakan kekuatan otak untuk membaca, berpikir, dan mengerjakan tugas-tugas dan kegiatan di sekolah. Kita juga punya kuasa dalam kata-kata, yaitu kata-kata baik maupun jahat.

Mari kita mencoba sesuatu -- Saya akan mengucapkan beberapa kata dan kamu harus menilai, apakah kata-kata itu menggunakan kuasa baik atau jahat? Siap?

"Bodoh sekali!"

[Tunggulah tanggapan anak-anak dan pujilah mereka jika jawabannya benar, lakukan sama untuk kata-kata berikutnya.]

"Terima kasih telah menolongku, kamu baik sekali."
"Anak itu sama sekali tidak bisa melempar bola!"
"Gambarmu bagus sekali!"

Kamu semua pintar sekali dapat membedakan mana kuasa yang baik dan mana kuasa yang jahat! Kata-kata yang kita ucapkan itu memiliki pengaruh atau kuasa pada orang lain. Pernahkah ada di antara kamu yang mendengar seseorang mengucapkan kata-kata yang jahat kepadamu atau marah kepadamu? Apakah mereka menunjukkan marahnya itu kepadamu?

Bagaimana perasaanmu? Mungkin kamu merasa sedih dan mungkin juga marah. Kata-kata yang jahat dan tidak baik itu memiliki kuasa untuk membuat orang merasa sedih atau marah.

Tetapi, pikirkanlah kuasa yang ada dalam kata-kata yang baik terhadap orang lain! Kalau kamu mengucapkan kata-kata yang baik dalam mengatakan kepada orang lain bahwa mereka telah sangat baik kepadamu atau mengatakan bahwa mereka tampak cantik, maka kamu membuat mereka merasa bahagia.

Apakah kamu memilih untuk menggunakan kuasa kata-kata yang jahat atau kuasa kata-kata yang baik? Saya pikir kita semua akan memilih untuk menggunakan kuasa kata-kata yang baik.

Setiap hari cobalah untuk menggunakan kuasa kata-kata yang BAIK ini kepada orang lain. Maka kamu akan membuat mereka merasa senang dan kamu juga akan merasa senang.

Doa: Ya Tuhan, tunjukkanlah kepada kami cara-cara untuk menggunakan kuasa kata-kata yang BAIK dan tolong kami untuk melupakan kuasa kata-kata yang jahat. Amin!

Kategori Bahan PEPAK: Anak - Murid

Komentar