Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Pentingnya Literatur Kristen (dalam Pelayanan Anak)


Jenis Bahan PEPAK: Artikel

Kesukaan anak Madya (9-11 tahun) pada buku-buku merupakan kesempatan yang sangat baik untuk membina kerohanian mereka. Inilah saat yang tepat untuk menanamkan kegemaran dan kebiasaan membaca pada anak, khususnya membaca Alkitab dan buku-buku rohani yang baik.

Akan sangat bermanfaat apabila Sekolah Minggu menyediakan berbagai buku, majalah dan komik rohani yang dapat dibaca atau dipinjam oleh anak-anak Sekolah Minggu. Akan lebih baik lagi, bila Sekolah Minggu menerbitkan sendiri majalah atau buletin Sekolah Minggu, supaya dapat menjadi alternatif bacaan yang menarik bagi anak-anak, asal dikemas dan dikelola dengan baik. Demikian pula berbagai buku aktivitas, bahan saat teduh, maupun traktat untuk anak-anak usia Madya.

Mengingat kemampuan berpikir kritis anak-anak usia 9-11 tahun, Guru Sekolah Minggu harus mempersiapkan diri dengan baik, khususnya dalam memberikan wawasan dan penjelasan mengenai kebenaran Firman Tuhan. Ini merupakan saat yang tepat untuk menanamkan dasar pemahaman yang benar terhadap Alkitab sebagai Firman Tuhan. Paling tidak, Guru Sekolah Minggu sendiri harus mengetahui bagaimana proses penulisan dan penyalinan Alkitab, mengapa Alkitab ditulis, siapa saja yang menjadi penulis Alkitab, bagaimana Alkitab diterjemahkan hingga sampai ke tangan kita, dsb.

Selain itu, Guru juga dapat mengajak Anak memanfaatkan Alkitab dan buku-buku penunjang lainnya (konkordansi, kamus Alkitab, peta, dsb.) sebagai bahan untuk belajar Firman Tuhan. Mereka pada dasarnya suka meneliti dan menggali sebuah kebenaran, meski tetap membutuhkan pendampingan dari orang dewasa. Bila Guru dapat mengarahkan dengan baik serta menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, anak akan tumbuh dengan kecintaan akan Firman Tuhan dan mereka akan belajar secara aktif.

Buku-buku rohani (fiksi, kesaksian, biografi, tokoh-tokoh Kristen, dsb.) dan buku bacaan sekuler yang baik (tokoh dunia, pengetahuan, sejarah, dsb.) juga sangat bermanfaat bagi perkembangan kepribadian seorang anak. Apa yang dibaca oleh anak-anak ini akan meresap ke dalam dirinya. Oleh karena itu penting sekali Guru mengarahkan dan menyarankan bacaan-bacaan yang baik. Hal ini tentunya tidak bisa terjadi bila Guru sendiri tidak gemar membaca.

Di bawah ini ada kesaksian dari beberapa orang Kristen mengenai pentingnya literatur/bahan bacaan yang baik pada masa kanak-kanak:

  1. Dulu saya sangat menyukai kertas-kertas bacaan yang saya peroleh dari Sekolah Minggu dan kertas-kertas bacaan tersebut benar-benar berpengaruh di dalam hidup saya. Saya ingin menjadi seperti orang-orang yang saya baca kisahnya pada kertas-kertas tersebut.
  2. Saya senang membaca majalah Sekolah Minggu dan buku-buku Kristen walaupun saya tidak sepenuhnya mengerti tentang rencana keselamatan yang disediakan Allah bagi manusia. Saya tidak bisa ingat kapan persisnya saya mulai membaca literatur-literatur itu, tetapi saya ingat benar bahwa cerita-cerita tsb. membuat saya lebih sadar tentang hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh anak-anak.
  3. Perpustakaan gereja kami memiliki beberapa rak panjang yang berisi buku-buku Kristen. Selama musim panas, saya kadang-kadang membaca sampai sepuluh buku setiap minggunya. Ada buku-buku pengabaran Injil bagi anak-anak, sejumlah literatur remaja yang bersifat sekuler namun baik, dan sejumlah besar serial cerita-cerita Kristen bagi anak-anak. Buku-buku tsb. membantu membentuk sebagian besar dari standar hidup saya.
  4. Literatur Kristen banyak mempengaruhi hidup saya. Saya telah membaca banyak sekali buku fiksi Kristen dan biografi Kristen, dan kesan yang saya peroleh dari bacaan-bacaan itu memainkan peranan penting di dalam hidup saya.
  5. Literatur mempunyai pengaruh yang besar pada diri saya, karena saya membaca apa saja - baik atau buruk. Saya tahu benar bahwa literatur anak-anak mempengaruhi saya sampai suatu taraf tertentu, terutama cerita-cerita anak yang mengisahkan tentang anak-anak yang memutuskan untuk melakukan kehendak Tuhan.
Demikian beberapa kesaksian mengenai pentingnya buku rohani dan buku bacaan yang baik bagi anak-anak, kiranya hal ini dapat mendorong Guru Sekolah Minggu untuk menyediakan buku bacaan yang berkualitas pada anak-anak Sekolah Minggu.

Kategori Bahan PEPAK: Literatur untuk Anak

Sumber
Judul Buku: 
Penyelidikan Anak
Pengarang: 
Myer Pearlman
Halaman: 
46 - 48
Penerbit: 
Yayasan Penerbit Gandum Mas
Kota: 
Malang
Tahun: 
1986

Komentar