Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Jangan Pakai Topeng


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Alat peraga
Bermacam-macam topeng

Ayat Alkitab
Yakobus 5:13-16

Tema
Kita Tidak Perlu Menutupi Perasaan Kita pada Saat Kita Berdoa

Pagi ini saya membawa sesuatu. Mari kita lihat benda apa ini. Saya punya sebuah topeng hitam, topeng monyet, dan topeng burung yang besar.

Pada hari Halloween atau pada acara pesta-pesta tertentu, orang memakai topeng atau melukis wajah mereka untuk berpura-pura menjadi orang lain.

Pada waktu-waktu yang lain, walaupun kita tidak memakai topeng, kita tetap tidak mau membiarkan orang lain mengetahui perasaan kita yang sebenarnya. Itu seperti memakai topeng. Kita mungkin tidak dapat memberi tahu orang lain bagaimana perasaan kita yang sebenarnya. Mungkin kita menyimpan banyak perasaan dalam hati.

Tetapi, kita tidak boleh memakai topeng apapun yang menutupi perasaan kita pada saat kita berbicara kepada Tuhan dalam doa. Karena Tuhan sangat mengenal setiap kita. Tuhan ingin tahu, apakah kita sedang merasa sedih, atau marah, atau bahagia.

Kamu tidak harus selalu berdoa dengan suara yang keras. Kamu dapat berdoa dalam hati sehingga hanya Tuhan saja yang mendengarnya. Kamu dapat berdoa sambil duduk, berdiri, berlutut, dengan tangan dilipat, atau tidak dilipat.

Saya pernah mendengar bahwa Tuhan memandang hati, bukan posisi kita ketika sedang berdoa. Kamu dapat berdoa sebelum tidur atau sebelum makan, atau di gereja, atau di sekolah, atau kapan saja kamu merasa perlu bicara dengan Tuhan.

Kamu bukan hanya dapat mendoakan dirimu sendiri, melainkan orang lain juga. Tuhan mendengarkan dan memerhatikan segala hal yang kamu katakan dalam doamu.

Pada saat kamu mengembangkan hubunganmu dengan Tuhan dalam doa, jangan pakai topeng yang menutupi perasaanmu.

Mari kita berdoa

Ya Tuhan, kami bersyukur atas hak istimewa kami sehingga kami dapat mengatakan segalanya kepada-Mu dalam doa. Kami tahu bahwa Engkau memedulikan kami semua. Amin.

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Komentar