Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Kegiatan untuk Menolong Anak Jalanan


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Mengajar anak-anak untuk memahami keberadaan anak-anak jalanan memiliki beberapa keuntungan. Selain menolong anak-anak untuk mensyukuri keadaan mereka yang kecukupan, juga dapat menolong anak- anak untuk memiliki beban menolong anak-anak yang kurang beruntung ini. Ada beberapa pelayanan untuk anak-anak jalanan yang dapat melibatkan anak-anak SM untuk ikut ambil bagian. Berikut ini adalah beberapa ide pelayanan bagi anak-anak jalanan:

  1. Mengajak anak-anak untuk mengumpulkan pakaian anak-anak pantas pakai untuk diberikan kepada anak-anak jalanan. Akan lebih bagus lagi kalau guru bekerjasama dengan orangtua anak, sehingga mereka dapat mengumpulkan pakaian-pakaian mereka sendiri yang sudah kekecilan atau tidak disukai tetapi masih pantas untuk diberikan. Selain pakaian bisa dikumpulkan juga selimut, sepatu, sandal, tas, baju hangat atau buku-buku bekas untuk mereka.

  2. Dengan bekerjasama dengan yayasan Kristen / yatim piatu atau gereja setempat, anak-anak SM dapat menolong dengan membuka tempat untuk perpustakaan bagi anak-anak yang kurang mampu. Anak-anak dapat terlibat dengan menyumbangkan buku-buku cerita yang mendidik, buku-buku pelajaran atau juga majalah-majalah anak. Buku atau majalah-majalah itu tidak harus baru, dapat juga yang bekas yang sudah tidak mereka pakai lagi, tapi yang masih bersih, lengkap dan utuh.

  3. Mengunjungi anak-anak yatim piatu atau penampungan anak-anak jalanan. Kegiatan ini bisa dilakukan berombongan dengan semua anak-anak SM. Dengan persiapan yang matang anak-anak SM dapat mempersiapkan acara-acara yang menarik untuk mereka, misalnya menyanyi, menari, bermain bersama, pertandingan olah raga, dll. Selain itu anak-anak juga diberi kesempatan untuk menyumbangkan makanan, pakaian, mainan (bekas atau baru) untuk dibagikan kepada mereka.
Masih banyak ide lain, silakan guru-guru mengembangkannya secara kreatif. Kalau anda ingin mendiskusikan ide-ide mengenai anak jalanan atau anak miskin anda bisa mendiskusikannya di e-BinaGuru. Jika anda sudah mendapatkan ide, anda bisa mengirimkannya kepada redaksi e-BinaAnak staf-binaanak@sabda.org. Beberapa topik mengenai Panti Asuhan bisa anda dapatkan melalui arsip e-BinaGuru. Arsip: http://purcell.xc.org/cgi-bin/lyris.pl?visit=i-kan-BinaGuru

Kategori Bahan PEPAK: Aktivitas dan Ketrampilan Anak

Komentar