Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Aneka Aktivitas Paskah


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

MEMBUAT SALIB

Bahan:

  1. Karton manila
  2. Lem
  3. Kertas warna coklat (kertas krep atau kertas marmer atau kertas lainnya)
  4. Gunting
  5. Lakban bening (isolasi besar yang bening)

Cara Membuat:

  1. Gambar sebuah salib di atas karton
  2. Olesi dengan lem seluruh permukaan gambar salib
  3. Robek kecil-kecil kertas warna coklat (lebih bagus bila bervariasi warna dan tekstur kertas) dan tempelkan di atas permukaan gambar salib tsb.
  4. Tunggu hingga lem mengering, lapisi dengan lakban bening
  5. Gunting gambar salib dan minta Anak untuk menempelnya di rumah

Kertas krep yang dirobek akan menghasilkan efek sobekan yang lebih "artistik" dibanding bila digunting, tetapi mungkin kertas dengan permukaan yang licin/mengilat akan lebih bagus bila digunting menyerupai mozaik/seperti pecahan kaca.

Namun bagusnya, dengan merobek kertas, anak yang paling kecil sekali pun dapat melakukannya tanpa khawatir "melukai" si anak (lain halnya dengan penggunaan gunting).

MENGHIAS TAMAN GETSEMANI

Bahan:

  1. Karton manila putih ukuran besar, sediakan 2 - 3 lembar, lalu tempel di dinding.
  2. Kertas kado dengan gambar bunga, majalah bekas, dll., gambar bunga, pohon, dan segala sesuatu yang ada di sebuah taman.
  3. Gunting dan lem.
  4. Kertas HVS polos dan alat gambar/alat warna.

Mintalah anak untuk membuat sebuah TAMAN yang indah, yang banyak bunga serta pepohonannya. Gunakan kertas kado bergambar bunga, potongan gambar pohon, bunga, dll. dari majalah/brosur/koran.

Bila memungkinkan, sediakan juga berbagai jenis rumput dan bunga liar untuk "menghias" taman tersebut. Gunakan selotip untuk merekatkan rumput dan bunga liar pada karton manila.

PAMERAN FOTO PASKAH

Bagi yang hobi jeprat-jepret atau browsing internet, kumpulkan gambar/foto-foto berbagai tempat maupun benda seputar Peristiwa Paskah, seperti foto kota Yerusalem, Bukit Golgota, Via Dolorosa, Taman Getsemani, Kubur yang kosong, dsb.. Print atau afdruk foto- foto tsb. dan pasanglah di kelas SM.

Ajak anak-anak melakukan tur seperti sedang mengunjungi museum benda-benda kuno. Setiap berhenti di sebuah foto, minta Anak menceritakan apa saja yang dia ketahui tentang gambar tsb. (atau, mengingatkan dia akan apakah gambar tsb.) Misalnya, Yerusalem mengingatkan saya saat Yesus memasuki kota itu dan disambut oleh anak-anak, atau ketika sebelumnya Tuhan Yesus pernah menangisi kota Yerusalem, dsb..

Kategori Bahan PEPAK: Perayaan Hari Raya Kristen

Sumber
Judul Buku: 
Milis Diskusi e-BinaGuru
Pengarang: 
Meilania

Komentar