Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Hanya Ada Satu Tuhan


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Bahan Bacaan:

Keluaran 20:1-6

Penyampaian:
Ada beberapa orang di beberapa negara yang tidak mengenal Alkitab. Mereka juga tidak kenal dengan Tuhan Yesus. Mereka berpikir ada banyak tuhan. Bahkan mereka mengira matahari atau bulan adalah tuhan mereka. Mereka berdoa kepada bulan dan matahari untuk minta berkat dan keselamatan. Apakah benda-benda itu dapat menyelamatkan kita? Tentu tidak bukan? Matahari dan bulan hanyalah benda yang diciptakan Tuhan untuk menerangi dunia ini. Kita tidak boleh berdoa kepada benda-benda yang diciptakan Tuhan. Kita hanya boleh berdoa kepada Tuhan yang sudah menciptakan isi dunia.

Lalu, dapatkah kita berdoa kepada malaikat? Apakah mereka Tuhan? Bukan! Malaikat memang hidup, dan mungkin ada beberapa yang ada di ruangan ini sekarang. Meskipun mereka tidak kelihatan. Tetapi kita tidak dapat berdoa kepada mereka. Mereka bukan Tuhan. Mereka adalah penolong yang diciptakan Tuhan juga.

Apakah di atas langit sana ada tuhan yang lain selain Tuhan Allah kita? Tidak! Tuhan yang menciptakan segala sesuatunya. Dia tidak pernah menciptakan tuhan-tuhan yang lain. Itu sebabnya, Tuhan marah kalau kita berdoa kepada benda lain. Dia juga marah kalau kita mencintai sesuatu lebih dari kita mencintai Tuhan. Kita harus cinta Tuhan lebih dari kita mencintai orang tua kita atau pun benda-benda kesayangan kita. Karena Tuhan yang memberikan orang tua dan juga benda-benda kepada kita. Itu sebabnya, kita harus mencintai Tuhan lebih dari apa pun.

Pertanyaan Ulangan:

  1. Menurutmu ada berapakah tuhan itu?
  2. Apakah matahari atau bulan dapat mendengar doa kita?
  3. Apakah kita dapat berdoa kepada malaikat? Apakah mereka tuhan?

Doa:
Bapa kami yang di surga, kami sungguh bersyukur karena Engkau adalah satu-satunya Tuhan. Engkau terbesar dari apa pun yang ada di surga maupun di bumi. Ajar kami untuk mengasihi-Mu dengan segenap hati kami dan untuk terus melayani Engkau. Dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin! (t/Davida)

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Sumber
Judul Buku: 
Devotions for the Children`s Hour
Pengarang: 
Kenneth N. Taylor
Halaman: 
11--13
Bab: 
There Is Only One God
Penerbit: 
Moody Press
Kota: 
Chicago, USA
Tahun: 
1977

Komentar