Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Aktivitas yang Biasa Dilakukan


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Anda bingung dalam mempersiapkan fasilitas-fasilitas belajar dan bermain di Sekolah Minggu Anda? Agar tidak terlalu bingung dan agar Anda bisa maksimal dalam menentukan peralatan apa saja yang harus disediakan, sesuaikanlah persediaan peralatan belajar dan bermain tersebut dengan aktivitas yang biasa dilakukan di Sekolah Minggu Anda.

AKTIVITAS YANG BIASA DILAKUKAN


Ada banyak aktivitas yang dari tahun ke tahun sering (biasa) dilakukan di kelas-kelas Sekolah Minggu. Aktivitas-aktivitas tsb. tidak pernah bosan dilakukan karena sangat sederhana dan berguna untuk mendukung pengajaran yang diberikan. Nah, silakan simak beberapa aktivitas berikut ini:
  1. Anak-anak membuat aktivits kerajinan tangan (prakarya) yang disesuaikan dengan cerita, supaya anak dapat mengingat cerita hari itu dengan lebih baik. Biasanya disertai juga dengan ayat hafalan untuk pelajaran hari itu.

  2. Anak-anak mengisi soal: entah itu berupa teka-teki, kuis, atau pertanyaan dari buku aktivitas; baik secara perorangan maupun secara berkelompok. Adapun tujuan utamanya adalah untuk mengingatkan anak akan isi cerita/pelajaran hari itu.

  3. Anak menggambar, melukis, atau mewarnai gambar tertentu yang berhubungan dengan cerita/pelajaran yang sedang diajarkan saat itu.

  4. Anak menempel gambar pada kertas karton untuk menggambarkan suasana pelajaran hari itu.

  5. Anak membuat sebuah karangan, tulisan, atau cerita sebagai tanggapan atas pelajaran yang diberikan hari itu.

  6. Anak-anak membuat kolase (menyusun gambar dan menceritakannya kembali) sesuai dengan pelajaran yang sedang diberikan.

  7. Tanya-jawab lisan antara guru dan anak berkaitan dengan penerapan cerita yang diberikan agar anak menangkap inti berita pelajaran hari itu.

  8. Aktivitas kelompok: diskusi kelompok, soal untuk dikerjakan bersama dan sebagainya sebagai cara untuk mendorong anak memikirkan lebih lanjut pelajaran yang diberikan.

Kategori Bahan PEPAK: Aktivitas dan Ketrampilan Anak

Komentar