Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Paskah Artinya Domba Allah


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Cerita Paskah:

HATI YANG KOSONG

Tuhan, berikanlah hati yang murni dalam diriku. Berikan roh yang baru yang percaya sepenuhnya kepada-Mu. (Mazmur 51:10)

Adam dan Hawa adalah manusia pertama yang diciptakan Allah. Allah sangat mengasihi mereka! Allah menginginkan mereka berjalan-jalan bersama-Nya setiap hari di Taman Eden. Allah mengatakan kepada mereka supaya mereka taat kepada-Nya. Tetapi, mereka memilih untuk berbuat dosa. Allah sangat sedih saat Adam dan Hawa memilih untuk meninggalkan kasih Allah yang ada di hati mereka. Dia tahu bahwa pilihan mereka ini akan membuat mereka memiliki hati yang kosong. Manusia tidak dapat lagi berjalan bersama Allah!

Allah sangat sedih telah menciptakan manusia di bumi. Hatinya sangat sakit (Kejadian 6:6).

JAWABAN ALLAH

Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku datang kembali kepadamu (Yohanes 14:18).

Yesus adalah jawabannya!

Allah tidak meninggalkan kita sendirian. Dia tahu kita harus mendapatkan jawaban dari-Nya! Jawaban kita adalah Yesus Kristus. Karena Yesus datang ke dunia, kita sekali lagi akan dapat berjalan dan berbicara dengan Allah. Hati kita yang kosong akan dapat dipenuhi dengan kasih Allah lagi.

JURU SELAMAT

"Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia." (Yohanes 1:29)

Allah mengirimkan Putra tunggal-Nya untuk menolong kita menemukan Allah kembali. Allah mengirimkan Yesus supaya dihukum karena dosa-dosa kita. Yesus disebut sebagai Anak Domba Allah yang Kudus.

SALIB

Atas apa yang telah dilakukan oleh Kristus, maka Allah menginginkan semua kembali kepada-Nya. Semuanya termasuk segala yang ada di bumi dan di surga. Allah memberikan damai melalui darah Kristus, melalui kematian-Nya di kayu Salib (Kolose 1:20).

Yesus harus mati. Kaki dan tangan-Nya dipaku di kayu salib. Dia dipisahkan dari Allah Bapa. Sebelumnya Dia tidak pernah jauh dari Bapa-Nya. Dia sangat kesakitan.

Saat kamu berdosa, upah yang kamu terima adalah kematian. Tetapi Allah memberimu karunia hidup kekal karena apa yang telah dilakukan Tuhan Yesus Kristus (Roma 6:23).

Dia meminta kepada Allah Bapa supaya mengampuni dosa-dosa kita. Yesus adalah sempurna dan Dia tidak berdosa. Allah Bapa menghukum dia karena semua dosa-dosa yang dilakukan oleh semua orang. Ini sangat menyedihkan. Tetapi itu bukanlah akhir dari rencana Allah bagi kita. Anak Domba Allah yang Kudus telah mengejutkan dunia.

Kristus tidak berdosa. Tetapi Tuhan menjadikan dia berdosa karena kita. Sehingga kita dibenarkan oleh Allah karena apa yang telah dilakukan Kristus untuk kita (2 Korintus 5:21).

Saat Kristus mati, Allah memberi kita anugerah-Nya dan pengampunan. Bukan karena kita baik. Bukan karena kita berhak mendapatkannya. Tetapi karena kasih yang Yesus berikan kepada kita. Kita harus mengaku kepada Allah bahwa kita berdosa dan kita meminta Dia untuk mengampuni kita. Dia akan mengampuni kita dan melupakan keburukan-keburukan yang pernah kita lakukan.

Allah itu setia dan adil.
Jika kita mengaku dosa kita,
Ia akan mengampuni segala dosa kita
dan menyucikan kita dari segala kejahatan (1 Yohanes 1:9).

KUBUR YANG KOSONG

Mereka mendapati batu sudah terguling dari kubur itu, dan setelah masuk, mereka tidak menemukan mayat Tuhan Yesus (Lukas 24:2-3).

Setelah Yesus mati, Dia dikubur di sebuah kuburan. Kuburan itu berupa sebuah gua dengan batu yang sangat besar di depannya. Setelah tiga hari, sesuatu yang mengejutkan terjadi! Teman-teman Yesus mendapati kuburan itu kosong. Batu yang ada di depannya telah terguling! Malaikat mengatakan kepada mereka apa yang telah terjadi. Mereka berkata, "Dia telah bangkit!"

"Mengapa kamu mencari Dia yang hidup, di antara orang mati? Ia tidak ada di sini, Ia telah bangkit." (Lukas 24:5b-6a)

KEBANGKITAN

Tetapi Allah membangkitkan Dia dengan melepaskan Dia dari sengsara maut, karena tidak mungkin Ia tetap berada dalam kuasa maut itu (Kisah Para Rasul 2:24).

Rencana Allah belum selesai! Dia menginginkan manusia tahu bahwa Yesus adalah bagian dari Diri-Nya. Dia ingin semua manusia menyebut Yesus sebagai Tuhan mereka. Yesus adalah Tuhan, Allah Putra!

Katakan, "Yesus adalah Tuhan."

"Percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan." (Roma 10:9)

Yesus kembali menemui sahabat-sahabat-Nya. Beberapa orang melihat dia hidup kembali. Dia kembali hidup, dengan kuasa dan kemuliaan Allah Bapa. Inilah yang disebut "kebangkitan"!

"... Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru." (Roma 6:4)

Saat Yesus kembali ke surga, Ia menyiapkan jalan bagi kita, pengikut-Nya! Saat Ia kembali hidup dalam hidup yang baru bersama Bapa-Nya, Dia juga memberi kita hidup yang baru! Yesus meminta Allah Bapa untuk memberikan Roh Kudus-Nya supaya bersama-sama dengan kita di bumi. Roh Kudus-Nya hidup di dalam hati anak-anak Allah. Roh itu mengisi hati yang kosong dengan kasih Allah!

Beberapa orang menerima Roh itu. Mereka percaya dalam nama-Nya. Dia memberi mereka hak untuk menjadi anak-anak Allah (Yohanes 1:12).

"Dan Aku akan menjadi Bapamu, dan kamu akan menjadi anak-anak-Ku laki-laki dan anak-anak-Ku perempuan demikianlah firman Tuhan, Yang Mahakuasa." (2 Korintus 6:18)

Kamu harus meminta Yesus berada dalam hatimu supaya diselamatkan. Kamu tidak bisa mendapatkan sendiri kasih-Nya. Dia sudah memberikan kasih itu kepadamu cuma-cuma. Kamu harus melakukan kebenaran yang Dia katakan, itu semua karena kamu mengasihi Dia. Bacalah Alkitab dan berdoa supaya Allah menolongmu dalam memahami rencana-Nya.

Yesus menjawab, "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku." (Yohanes 14:6)

YESUS MENGASIHIMU!

Apakah kamu tahu dengan sungguh-sungguh bahwa firman Allah adalah benar? Bila ya, kamu bisa berdoa seperti di bawah ini atau dengan kata-katamu sendiri. Mintalah dia untuk masuk ke dalam hatimu serta menjadi Tuhan dan Juru Selamatmu!

Doa:
Allah Bapa,
Saya tahu saya melakukan hal-hal yang tidak baik. Engkau menyebut ini dosa. Aku mohon Engkau mengisi hatiku yang kosong dengan Yesus. Aku percaya bahwa Yesus adalah Putra-Mu. Dia dihukum karena dosa-dosaku. Ia mati di kayu salib untukku karena Ia mengasihi aku. Ia hidup lagi. Aku mohon ampuni dosa-dosa yang telah aku lakukan. Terima kasih Engkau memberikan Roh Kudus untuk hidup bersamaku. Tolong aku supaya menjadi seperti Yesus. Terima kasih Tuhan atas rencana-Mu yang indah. Aku anak-Mu! Yesus adalah Tuhanku dan Sahabatku! Amin.

Penutup:
Selamat Paskah! Ia menyelamatkan kita dengan membersihkan dosa-dosa kita. Kita lahir kembali. Roh Kudus memberi kita hidup yang baru (Titus 3:5).

Paskah adalah hari di mana umat Kristen merayakan apa yang Yesus telah lakukan. Yesus Kristus adalah Anak Domba Allah yang Kudus.

Allah menginginkan kita bahagia karena Ia tidak meninggalkan kita. Ia ingin kita mengabarkan kepada orang lain apa yang kita percayai. Yesus adalah Juru Selamat kita! Yesus adalah Tuhan kita!

"Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan." (Roma 10:10) (t/Dian)

Kategori Bahan PEPAK: Perayaan Hari Raya Kristen

Sumber
Judul Artikel: 
Easter is for The Lamb of God
Judul Buku: 
Cherbearsden.com

Komentar