Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Mengenalkan Anak pada Ibadah Gereja


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Menurut anak-anak, apakah ibadah gereja itu? tanyakanlah pertanyaan itu kepada anak-anak. Anda mungkin akan mendapatkan jawaban seperti ini: "Memberi persembahan kepada guru Sekolah Mingguku." (Anak mengumpulkan persembahan bukan?), "Pendeta yang tidak punya kaki." (Dibalik jubahnya, siapa yang dapat mengatakannya?) atau "gereja yang besar yang memiliki kolam renang."

Mungkin ini adalah saat yang tepat untuk mengatakan yang sesungguhnya. Berikut ini beberapa kegiatan yang akan membiasakan anak-anak dengan susana gereja ataupun mengenalkan mereka pada ibadah di dalamnya.

  1. Ajaklah anak-anak untuk berkeliling di gereja. Siapkan penjelasan- penjelasan singkat tentang fungsi dari ruangan-ruangan yang ada atau simbol-simbol yang mungkin akan Anda jumpai dalam kegiatan ini. Ini juga merupakan saat yang tepat untuk menunjukkan kepada anak-anak tentang letak pintu darurat dan mungkin kelas yang akan mereka tempati tahun depan.

  2. Kenalkan para pemimpin gereja Anda kepada anak-anak. Mintalah para pemimpin gereja ini untuk mengunjungi kelas Anda dan menjelaskan tanggung jawab mereka. Fotolah mereka dan tempelkan di majalah dinding. Jika mungkin, kenalkan guru yang akan mengajar anak-anak itu tahun depan.

  3. Anak yang lebih tua mungkin mau merekam dan menyiapkan beberapa pertanyaan untuk mewawancarai seorang pemimpin gereja. Hasil dari wawancaranya itu bisa disharingkan di kelas.

  4. Mintalah kepada bendahara gereja untuk menjelaskan kepada anak- anak tentang beberapa proyek-proyek khusus dan pengeluaran rutin gereja. Penjelasan ini mungkin akan membantu anak-anak untuk menjadi murid yang baik dalam merawat peralatan dan perlengkapan karena mereka tahu bahwa persembahan yang mereka berikan dapat digunakan untuk membeli peralatan dan perlengkapan itu. Selain itu, mereka juga bisa menabung. Arti dari memberikan persembahan dapat digambarkan dengan menggunakan foto proyek pelayanan gereja yang dibantu keuangannya.

  5. Biarkan anak-anak membantu dalam proyek pelayanan di gereja -- melipat buletin, menanam bunga, menyanyi di kelas anak-anak yang lebih dewasa, dan lain-lain. Bantulah murid Anda untuk memahami bahwa agar sebuah gereja dapat berjalan dengan baik, karena semua orang dari berbagai usia dan kemampuan harus terlibat di dalamnya dan mengambil bagian dalam pelayanan gereja.

  6. Biarkan anak-anak bekerjasama untuk menyiapkan sebuah buku tempel atau majalah dinding dengan judul, "Gerejaku". Gunakan foto dan gambarlah orang-orang dan ciri-ciri gereja Anda.

  7. Pimpinlah murid-murid Anda untuk berdoa bagi orang-orang yang melayani di gereja Anda, baik itu staf maupun sukarelawan gereja.

  8. Jelaskan alasan kita berkumpul bersama sebagai suatu gereja. Bantulah murid Anda untuk memahami bahwa gereja adalah tempat untuk memuji, belajar, melayani, dan menikmati persekutuan dengan saudara-saudara Kristen lainnya.

Masalah dalam mencari pekerja yang bersungguh-sungguh tidak akan menjadi sangat sulit jika sejak awal Anda sudah mengajarkan kepada anak-anak bahwa gereja tidak hanya sebuah bangunan. Anda bisa memastikan agar mereka mengerti bahwa -- mereka adalah gereja!

Kategori Bahan PEPAK: Doa - Musik - Ibadah

Sumber
Judul Buku: 
Handbook for Children`s Ministry
Pengarang: 
Dr. RObert J. Choun dan Dr. Michael S. Lawson
Halaman: 
93 - 95
Penerbit: 
Thomas Nelson Publishers
Kota: 
USA
Tahun: 
1993

Komentar