Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Perencanaan Tahun Baru bagi Guru Sekolah Minggu


Jenis Bahan PEPAK: Artikel

Tahun ajaran baru merupakan saat yang tepat bagi guru Sekolah Minggu untuk membuat berbagai rencana baru. Apabila evaluasi tugas anda selama tahun ajaran yang lalu kurang memuaskan, anda dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik pada tahun ajaran baru ini. Salah satu yang akan kami sarankan berikut ini adalah dengan membuat perencanaan serta pengorganisasian yang lebih baik dan lebih matang. Beberapa hal penting yang perlu anda lakukan:

  1. Persiapkan Bahan Pengajaran
    Meskipun Sekolah Minggu anda menggunakan Buku Pedoman Mengajar, sebaiknya anda tetap melengkapi diri anda dengan berbagai bahan yang memperkaya wawasan. Misalnya: mempunyai beberapa Buku Pedoman Mengajar, mengoleksi cerita-cerita ilustrasi untuk anak, mengumpulkan berbagai kisah nyata, kesaksian, biografi para tokoh Kristen, dan materi-materi lain yang dapat menunjang pengajaran.
  2. Buatlah Kotak Arsip
    Kotak arsip diperlukan untuk menampung bahan-bahan pengajaran, perencanaan kelas, kliping, kartu catatan, tugas/pekerjaan rumah anak, dan file-file lain yang anda miliki. Anda bisa membuat sendiri kotak arsip yang baik dari karton/ kardus. Pilihlah yang lebarnya kira-kira 35 cm dan panjangnya 40 cm, dengan kedalaman sekurang-kurangnya 12 cm. Lapisilah kotak arsip tersebut dengan kertas kado agar tampak menarik, .
  3. Buatlah Kliping
    Liputan berbagai peristiwa aktual di majalah dan surat kabar, gambar-gambar menarik yang anda jumpai (dari majalah, brosur, kalender, atau poster) dapat dikoleksi yang nantinya bisa digunakan sebagai alat bantu dan ilustrasi dalam menyampaikan pengajaran. Gunting dan simpanlah setiap "gagasan baik" yang anda temui, siapa tahu anda akan membutuhkannya nanti.
  4. Buatlah Penanggalan / Kalender Pengajaran
    Buatlah Kalender Pengajaran sesuai dengan jadwal mengajar di Sekolah Minggu dengan tempat kosong yang cukup untuk mencatat rencana kegiatan mengajar. Bahan yang anda perlukan adalah 12 lembar kertas (1 lembar kertas untuk rencana 1 bulan) berukuran 45 cm sampai 60 cm atau lebih besar lagi. Buatlah 4/5 baris (tiap baris menunjukkan jadwal tugas 1 minggu) dan 7 kolom (untuk 7 hari dalam 1 minggu) atau anda dapat menyesuaikan sendiri berapa kolom yang ingin anda buat. Selanjutnya tuliskan tanggal dan bulan pada Kalender Pengajaran anda tersebut. Rencanakan tugas mingguan dan tuliskan secara singkat di kolom yang tersedia, sehingga anda dapat langsung melihat tugas mingguan anda selama 1 bulan dan mempersiapkannya dengan lebih terencana. Kalender ini juga berfungsi sebagai pengingat segala sesuatu yang harus anda kerjakan setiap minggu.
  5. Buatlah Catatan Mingguan
    Catatan mingguan ini dibuat sebagai evaluasi dan arsip dari pengajaran yang baru saja anda selesaikan. Di dalam catatan mingguan tersebut anda dapat menuliskan tema pokok yang diajarkan tiap hari Minggu, bahan alkitab, cerita ilustrasi, alat peraga, bentuk aktivitas, reaksi anak, kesulitan yang dihadapi, dsb. Catatan ini akan sangat berguna untuk membuat perencanaan yang lebih baik di tahun ajaran mendatang.
  6. Buatlah Catatan Data Murid
    Catatan data murid ini berguna untuk mengenal murid secara cepat dan efektif. Selain itu, catatan data murid juga berfungsi sebagai arsip data guru bila sewaktu-waktu dibutuhkan, misal: saat akan mengunjungi anak yang sudah lama absen, ingin memberikan perhatian khusus saat anak berulang tahun, dsb. Beberapa data yang mungkin anda perlukan antara lain: nama, alamat dan nomor telepon, nama orang tua, umur, sekolah, dan hobi. Anda juga dapat menambahkan hasil pengamatan anda atas pribadi anak di dalam catatan tersebut, misalnya: anak cenderung suka berkelahi, minder, suka mencari perhatian, dsb. Bila perlu, catat juga perkembangan anak selama berada di kelas anda, sehingga di akhir tahun ajaran anda dapat melihat anak mana yang bertumbuh dengan baik, anak yang sedang mengalami masalah berat, anak yang mulai undur, dsb. Informasi tersebut akan menjadi masukan yang sangat berarti bagi rekan guru yang akan menerima murid-murid anda saat kenaikan kelas di tahun ajaran yang akan datang.

Kategori Bahan PEPAK: Program Khusus Anak

Komentar