Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Menghargai Anak-anak


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Saya percaya Allah menginginkan kita untuk melihat anak-anak dengan penghormatan yang lembut dan pengharapan yang penting. Semua orang, termasuk anak-anak, akan bertumbuh sampai pada tingkatan perilaku dan pencapaian yang kita harapkan dari mereka. Anak-anak yang senantiasa diabaikan, diremehkan dan dikritik oleh orang-orang dewasa akan memiliki kesulitan yang amat besar mengharapkan sesuatu yang berbeda dari Allah. Banyak dari kita telah membuat kesalahan dengan kebiasaan menilai rendah anak-anak dalam satu dan lain hal.

Berapa banyak anak yang telah merasakan sakitnya diabaikan saat mereka mencoba untuk berkomunikasi dengan orangtua atau pemimpin- pemimpin?

Berapa banyak anak-anak yang mengalami pengolok-olokan terhadap pertanyaan-pertanyaan atau komentar-komentar mereka?

Kita harus bangun dari kecenderungan kita sebagai orang dewasa untuk mengirimkan pesan kepada anak-anak yang mengecilkan nilai mereka. Tentu saja, ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengirimkan pesan yang tepat pada "mesin video berjalan" kecil yang ada di sekitar kita.

Di bawah ini beberapa saran sederhana untuk membantu Anda menghargai anak-anak:

  1. Lihat kedua mata anak itu saat dia sedang berbicara dengan Anda.
    Bila Anda sembarangan menganggukkan kepala Anda dan pikiran Anda melayang pada suatu proyek yang jauh, anak tersebut akan merasakan keacuhan Anda. Anak-anak hanya sedikit tidak mendengar atau melihat.
  2. Akui kesalahan-kesalahan Anda kepada anak-anak di sekitar Anda.
    Jangan mencoba untuk menyembunyikan ketidaksempurnaan dan kesalahan-kesalahan Anda. Pimpinlah anak-anak dengan teladan Anda akan kerendahan hati. Belajarlah untuk mampu mengatakan, "Saya minta maaf. Saya telah bersalah." Saat anak-anak melihat orang dewasa dengan rendah hati mengakui kekurangan mereka, mereka akan melihat bahwa adalah hal yang tidak berbahaya untuk mengakui dosa-dosa dan kesalahan-kesalahan mereka sendiri. Hal itu sebaliknya, membangun sebuah pola untuk memiliki hati yang lembut kepada Allah. Hal ini akan membantu mereka untuk membangun hubungan yang sehat dengan orang-orang baik sekarang atau di masa depan.

  3. Belajar untuk terbuka dan membuka diri bagaimana Allah berurusan dengan Anda. Sering kali saya berbagi dengan anak-anak pada hari Minggu pagi tentang bagaimana saya telah bertobat minggu itu. Allah selalu menantang saya dalam setiap hal yang akan saya bicarakan kepada anak-anak. Bagaimana mungkin saya dapat menyatakan suatu kebenaran alkitabiah dengan pengurapan dan otoritas bila kebenaran itu tidak berfungsi dalam kehidupan saya sendiri?

Kategori Bahan PEPAK: Anak - Murid

Sumber
Judul Buku: 
Anak-anak Kebangunan Rohani
Pengarang: 
Vann Lane
Halaman: 
30 - 31
Penerbit: 
Harvest Publication House
Kota: 
Jakarta
Tahun: 
2000

Komentar