Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Hadiah Natal


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

a. Hadiah Untuk Teman

Wes Haystead dalam bukunya "Mengenalkan Allah Kepada Anak", mengatakan bahwa pemberian hadiah kepada teman atau orang dari kelompok atau kelas merupakan pengalaman yang sangat berarti. Untuk itu beberapa minggu sebelum Natal, berundinglah dengan anak-anak untuk memutuskan siapa yang akan diberi hadiah sebagai kejutan dan hadiah apa yang akan diberikan. Seringkali hadiah dapat berupa sesuatu yang dapat dibuat secara kelompok, misalnya tempat foto, tas, sampul Alkitab, tempat pensil atau kue, dsb. Jika tidak setiap orang dapat berperan dalam membuat hadiah tersebut, lau menghias bungkus hadiah bisa dilakukan bersama-sama. Membuat gambar "cap" (menekankan benda apapun, potongan buah atau potongan sayur ke spon yang diberi tinta, kemudian mengecapkan ke atas kertas untuk menciptakan bentuk) merupakan cara sederhana namun kreatif yang bisa diikuti oleh anak paling kecil sekalipun. Maka pada saat hadiah itu diberikan, semua anak-anak dapat merasakan bahwa mereka telah ikut ambil bagian dalam proyek tersebut.

b. Hadiah Terbesar Dari Tuhan Allah

Sebelumnya siapkan beberapa hadiah yang telah terbungkus dengan rapi (berisi benda-benda yang disebutkan di bawah), dan letakkan semua hadiah-hadiah tersebut di bawah pohon terang. Acara ini dapat disajikan sebagai salah satu rangkaian acara perayaan Natal. Selanjutnya, saat acara ini dimulai, tanyakan pada anak-anak "Siapa yang suka menerima hadiah, angkat tangan. Hadiah merupakan pemberian dari seseorang yang sangat mengasihi kita. Di sini kita mempunyai beberapa hadiah yang akan kita buka saat ini." (Ambilah hadiah dari bawah pohon terang dan letakkan di meja agar anak-anak dapat melihatnya.) "Tuhan Allah telah menunjukkan kasihNya terhadap kita dengan memberikan kepada kita hadiah-hadiah yang paling indah yang pernah diberikan! Tak seorangpun dapat mengambilnya dari kita. Marilah kita membuka beberapa di antara hadiah-hadiah yang diberikan Allah kepada kita ini." Semua hadiah yang disebutkan di bawah ini dibungkus dengan kertas dan bentuk yang menarik.

  1. Hadiah Terbesar (Gambar Yesus dan Kayu Salib) Allah mengaruniakan kepada kita AnakNya, Tuhan Yesus Kristus, supaya setiap orang yang percaya kepadanya tidak binasa melainkan beroleh hidup yang kekal (Yohanes 3:16). Terbukti Kristus telah mati untuk kita orang berdosa (Roma 5:8).
  2. Hadiah Penghapusan Dosa (Kertas/Kain Putih) Dia akan mengampuni dan menyucikan dosa kita. (1 Yohanes 1:9)
  3. Hadiah Menjadi Anak Tuhan (Bayi Yesus di Palungan) Semua orang yang menerima Yesus akan diangkat menjadi Anak Tuhan. (Yohanes 1:12)
  4. Hadiah Kesukaan (Bentuk Hati dan Satu Buku Pujian) Tuhan telah memberikan kesukaan kepada kita dan memenuhi hati kita dengan pujian.
  5. Hadiah Damai dan Penghiburan (Alkitab) Kristus berfirman bahwa Dia datang supaya kita mempunyai hidup yang berkelimpahan.(Yohanes 10:10)
  6. Hadiah Kehidupan Kekal (Gambar Mahkota). Untuk hadiah yang terakhir ini kita belum memilikinya, tetapi suatu hari kelak kita akan menerimanya. (1 Yohanes 5:13)
Tutuplah acara ini dengan doa agar anak-anak menerima hadiah- hadiah yang disediakan Allah bagi mereka. Bersyukurlah untuk kasihNya sehingga Dia telah memberikan hadiah-hadiah yang indah ini kepada kita.

Kategori Bahan PEPAK: Perayaan Hari Raya Kristen

Sumber
Judul Buku: 
Mengenalkan Allah Kepada Anak (Terjemahan dari Teaching Your Child About God)
Pengarang: 
Wes Haystead
Halaman: 
129
Penerbit: 
Yayasan Gloria
Kota: 
Yogyakarta
Tahun: 
1996

Komentar