Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Ciri Khas Anak Balita dan Metode Mengajar yang Tepat


Jenis Bahan PEPAK: Tips

FISIK

Ciri-ciri

Anak-anak yang berusia empat atau lima tahun berada pada periode pertumbuhan fisik yang cepat. Koordinasi berkembang dengan pesat. Anak-anak ini masih terus berkembang! Anak-anak perempuan sering kali lebih cepat dewasa daripada anak laki-laki. Anak usia empat dan lima tahun mungkin sudah bisa menggunting suatu pola dan menggambar orang atau benda-benda yang dikenalnya.

Metode mengajar

Kegiatan-kegiatan seni yang kreatif dan tidak memerlukan keterampilan tangan merupakan kegiatan yang paling tepat bagi anak-anak ini. Jangan mengharapkan kesempurnaan. Anak-anak seusia ini masih perlu dikenalkan pada proses kegiatan seni, bukan pada produk. Kertas besar, krayon jumbo, dan garis tebal untuk digunting masih diperlukan. Permainan-permainan menarik yang sesuai untuk anak usia ini adalah puzzle 10 -- 20 keping, permainan balok susun (dengan berbagai bentuk dan ukuran), mainan peralatan rumah tangga yang biasa dipakai (pakaian untuk anak laki-laki dan perempuan, alat-alat dapur, paket makanan), dll..

MENTAL/EMOSIONAL

Ciri-ciri

Anak-anak usia empat dan lima tahun selalu ingin tahu dan gemar bertanya. Mereka bisa berkonsentrasi lebih lama, tetapi perhatian mereka masih tetap dalam jangka waktu yang pendek. Anak-anak ini akan menginterpretasikan apa yang Anda katakan secara literal. Anak-anak ini juga bisa mengingat ayat-ayat Alkitab, mengatakan dengan akurat peristiwa yang baru saja terjadi, dan mengucapkan kata-kata yang paling umum dengan benar.

Metode mengajar

Gunakan gambar besar untuk mengajar guna menekankan konsep-konsep dasar. Buatlah batas-batas yang realistis dan tekankan perilaku yang Anda inginkan. ("Ryan, lari-lari itu sebaiknya di luar ruangan. Di kelas ini, kita harus jalan, tidak boleh lari, supaya tidak melukai teman lainnya."; "Chantel, kamu cuma boleh menggambar di kertasmu sendiri. Apa masih ada bagian kosong di kertasmu yang ingin kamu warnai ungu?") Berikan berbagai bahan yang bisa disentuh, dilihat, dicium, dan dirasakan oleh anak-anak. Bantulah anak menemukan benda-benda untuk diri mereka sendiri dengan memberikan kebebasan mencoba (bermain) menggunakan berbagai bahan yang aman.

SOSIAL

Ciri-ciri

Anak usia empat dan lima tahun bisa ambil bagian dengan anak-anak lain dalam kegiatan kelompok. Anak ini aktif mencari persetujuan, respons yang bersahabat dari orang dewasa, dan ingin dikasihi, khususnya oleh guru mereka. Beberapa anak mungkin menggunakan cara-cara negatif untuk mendapatkan perhatian dari anak-anak lain.

Metode mengajar

Berikan kesempatan untuk bernyanyi, berdoa, dan bercakap-cakap secara berkelompok. Berikan kesempatan kepada tiap anak untuk "memimpin" dengan menyediakan makanan kecil, memegang gambar, dan lain-lain. Berikan perhatian secara pribadi kepada setiap anak sebelum terjadi perilaku negatif. Sering-seringlah melakukan kontak mata, dengarkan baik-baik anak-anak itu, tersenyumlah, dan tunjukkan bahwa anak itu istimewa bagi Anda.

KEROHANIAN

Ciri-ciri

Anak usia empat dan lima tahun dapat mempelajari informasi dasar tentang Tuhan -- Ia yang menciptakan dunia; Ia mengasihi semua orang; Ia mengampuni bila ada anak yang melakukan kesalahan. Pada usia ini, anak juga belajar bahwa Yesus mati untuk menebus hukuman atas kesalahan-kesalahan yang telah kita lakukan dan bahwa Ia bangkit dari kematian dan hidup kembali. Anak-anak usia empat dan lima tahun dapat diajarkan bahwa Alkitab mengajarkan kepada kita cara-cara untuk patuh kepada Allah dan bahwa dia juga bisa berbicara kepada Allah melalui doa.

Metode mengajar

Karena anak masih berpikir secara literal dan fisikal, hindarilah menggunakan kata-kata simbolik, misalnya "lahir baru", "buka hatimu", atau "penjala manusia". Bila harus menggunakan suatu ekspresi simbolik, berikan penjelasan yang paling sederhana dan secara literal terhadap arti dari ekspresi tersebut. Jangan gunakan penjelasan yang simbolis yang dapat membingungkan anak, tetapi gunakanlah penjelasan yang sederhana. Beberapa anak bisa merespons percakapan pribadi dengan berdoa supaya menjadi keluarga Allah. Berikan kesempatan kepada anak-anak untuk memegang Alkitab. (t/Ratri)

Kategori Bahan PEPAK: Anak - Murid

Sumber
Judul Artikel: 
Characteristic of 4s dan 5s
Judul Buku: 
Sunday School Smart Pages
Pengarang: 
Wes & Sheryl Haystead
Halaman: 
24
Penerbit: 
Gospel Light
Kota: 
Ventura
Tahun: 
1992

Komentar