Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Godaan di Padang Gurun


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

[*Red: Bahan mengajar berikut ini merupakan bahan mengajar yang meminta partisipasi murid. Bentuknya adalah tes tertulis. Para murid dibagikan kertas yang berisi cerita Tuhan Yesus dicobai di padang gurun (naskah di bawah), lalu anak-anak diminta mengisi bagian- bagian yang sengaja dikosongkan. Metode ini merupakan salah satu metode belajar mengajar aktif, dimana anak tidak hanya mendengarkan, tetapi juga terlibat dalam proses pengajaran itu sendiri. Bahan Mengajar ini sangat cocok bagi anak-anak Kelas Besar (4-6 SD).

Setelah mereka selesai mengerjakan pelajaran tersebut. Diskusikanlah pelajaran mengenai bagaimana Tuhan Yesus memenangkan pencobaan yang diberikan setan kepada-Nya. Mungkin Anda bisa memulai dengan pertanyaan, "Apa yang kalian pelajari dari cerita tersebut?"]

NASKAH PELAJARAN

Cerita Alkitab diambil dari Lukas 4:1-13

Setelah Yesus dibabtiskan, Dia pergi ke sebuah padang gurun dan tinggal di sana selama 40 hari. Dia sengaja menjauhkan diri dari orang banyak untuk sejenak berkonsentrasi mempersiapkan diri dalam mengemban misi khusus dari Tuhan. Selama di padang gurun, Yesus tidak makan apa pun. Dia ingin menghabiskan waktu sepenuhnya untuk memikirkan dan mendoakan tugas-tugas-Nya.

Tugas Yesus adalah untuk membawa umat manusia menjadi keluarga Allah. Dosa telah memberikan jurang pemisah antara manusia dan Tuhan yang Maha Kudus. Tugas terpenting dalam misi Yesus di dunia adalah mati di kayu salib untuk menebus dosa-dosa manusia. Itulah satu- satunya jalan agar manusia terlepas dari dosa dan bisa masuk dalam keluarga Allah.

Selama Yesus berada di padang gurun, iblis berusaha keras untuk menghancurkan rencana Tuhan. Dia berusaha mencobai Yesus untuk menuruti semua keinginannya dan tidak taat kepada rencana Tuhan.

Karena Yesus sudah berpuasa selama 40 hari, iblis berkata kepada- Nya: ___________________________________________________________ ________________________________________________________________ Tetapi Yesus berkata kepada iblis, _____________________________ ________________________________________________________________ (Baca Lukas 4:3-4)

Lalu iblis mencoba lagi. Dia membawa Yesus ke sebuah puncak gunung dan berkata, ___________________________________________________ ________________________________________________________________ Tetapi Yesus tahu, Tuhanlah yang menguasai dunia. Jadi Dia berkata, ________________________________________________________________ ________________________________________________________________ (Baca Lukas 4:6-8)

Iblis sangat tidak suka saat Yesus menyatakan firman Tuhan kepadanya. Iblis pun mencoba menggunakan kata-kata yang mirip dengan firman Tuhan dan menggunakannya untuk mencobai Yesus. Iblis berkata, ________________________________________________________________ ________________________________________________________________ Tetapi tipu muslihat iblis tidak berhasil. Yesus pun berkata kepada iblis, _________________________________________________________ ________________________________________________________________

Kategori Bahan PEPAK: Doa - Musik - Ibadah

Sumber
Judul Buku: 
Belajar Bersama
Pengarang: 
Janice Y. Cook
Halaman: 
127 -130
Penerbit: 
Yayasan Gloria
Kota: 
Yogyakarta
Tahun: 
1999

Komentar