Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Tips Mengelola Persembahan


Jenis Bahan PEPAK: Artikel

Ada tiga rencana yang sangat berbeda yang digunakan untuk mengelola dana sekolah minggu.

  1. Metode yang paling umum adalah mengedarkan kantong persembahan ke setiap kelas atau departemen setiap Minggu pagi dan kemudian menyerahkannya kepada sekretaris sekolah minggu. Sekretaris akan membuat laporan yang baik tentang jumlah yang terkumpul dan kemudian menyerahkan uang tersebut kepada bendahara. Bendahara bertanggung jawab membayar semua biaya yang diperlukan sekolah minggu.

  2. Selama beberapa tahun, semakin banyak pendidik Kristen profesional yang telah mengusulkan adanya satu orang bendahara saja, yang diberi kepercayaan untuk mengelola uang yang diberikan oleh anggota gereja dan yang digunakan untuk segala keperluannya, termasuk untuk keperluan sekolah minggu.

  3. Ketiga -- yang merupakan rencana pengelolaan yang paling jarang digunakan -- adalah sekolah minggu membiayai seluruh pengeluaran kegiatan gereja. Salah satu gereja di Texas memunyai anggaran belanja tahunan sebesar USD 50.000, USD 44.000-nya didapatkan dari sekolah minggu.

Jika persembahan di sekolah minggu digunakan untuk mendukung kegiatan sekolah minggu, persembahan itu harus dikelola secara sistematis, di antaranya dengan menggunakan amplop rencana. Masing- masing anak diberi sebuah amplop yang di dalamnya terdapat daftar tujuan untuk apa persembahan itu diberikan. Minta anak-anak memasukkan uang persembahan ke dalam amplop itu dan menandai untuk apa persembahan itu mereka berikan. Bisa untuk penginjilan sekolah minggu, kebutuhan alat mengajar, biaya-biaya administrasi, dan lain- lain. Ini merupakan salah satu cara untuk mengajar anak supaya memberi persembahan "setiap minggu" dan "Allah akan mencukupkan kebutuhan mereka". Pada akhir ibadah kembalikan amplop-amplop itu kepada mereka.

Selain bendahara bisa mengelola keuangan persembahan lebih sistematis, bila amplop rencana sudah diberikan sejak awal kepada anak-anak, selama tiga, enam, atau bahkan 12 bulan, mereka dapat diajarkan untuk memberikan persembahan secara rutin, baik saat mereka menghadiri sekolah minggu ataupun tidak hadir. (t/Ratri)

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Sekolah Minggu

Sumber
Judul Artikel: 
Financing
Judul Buku: 
Superintend with Success
Pengarang: 
Guy P. Leavitt
Halaman: 
134
Penerbit: 
Standart Publishing
Kota: 
Ohio - USA
Tahun: 
1980

Komentar