Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Kreasi Acara Persembahan dan Pengumuman di SM


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Kebanyakan guru SM menganggap bahwa kreativitas dalam mengajar SM biasanya diasosiasikan hanya dalam menyampaikan pelajaran Alkitab atau puji-pujian yang dinyanyikan. Padahal, kreativitas tersebut seharusnya termasuk juga untuk semua bagian dalam seluruh ibadah SM kita. Sebagai contoh, berikut ini kami sajikan tips untuk kreativitas yang bisa diaplikasikan dalam acara persembahan dan pengumuman dalam ibadah SM, yang mungkin selama ini dilakukan secara biasa-biasa saja karena bukan merupakan acara yang inti.

  1. KREASI PERSEMBAHAN YANG MENARIK

    Hampir selalu persembahan ini dilakukan dengan biasa saja. Bahkan, ada beberapa guru yang tidak mempersiapkan kantung persembahan. Sebenarnya, untuk anak-anak, beberapa teknik dapat dibuat agar acara ini berkesan.

    1. Lomba Cerdas Tangkas Alkitab
      Guru memberikan sebuah pertanyaan. Bagi murid yang dapat menjawab dengan benar, ia boleh mengedarkan kantung kolekte.

    2. Iringi dengan Lagu Favorit
      Saat yang paling sulit untuk meminta anak berkonsentrasi dalam menyanyi adalah pada saat kolekte ini. Untuk mengatasi hal ini kita bisa memutarkan lagu dengan kaset dan anak-anak diajak berkaraoke bersama. Sesekali, mintalah satu anak untuk "berkaraoke" sendiri. Bila tidak ada tape, cukup dengan iringan gitar saja. Namun, tanyakan pada anak lagu favorit yang mereka sukai.

    3. Pindahkan Sesuai Irama
      Nyanyikan sebuah lagu. Pada kata tertentu atau pada ketukan tertentu, anak harus memindahkan kantung persembahan pada teman di sebelahnya. Jadi, mereka harus mengikuti aturan saat pemindahan kantung kolekte tersebut dari satu orang ke orang yang lain.

    4. Sajian Lagu
      Di bagian acara yang sangat sulit menyuruh anak untuk tenang ini dapat diisi dengan sajian lagu, misal jika ada anak yang bersedia menyanyikan satu pujian baik dengan "solo song", duet (berdua), maupun berkelompok. Bisa juga mengisi saat ini dengan mengajarkan satu lagu baru.

  2. KREASI PENGUMUMAN YANG MENARIK
  3. Kita bisa membuat beberapa kreasi sederhana agar pengumuman menjadi saat yang menarik, misalnya dengan:

    1. Warta Berita
      Guru seolah-olah seorang penyiar warta berita di telvisi. Dengan lagak dan gaya suara seperti seorang pewarta berita, Anda dapat katakan: "Para pemirsa sekalian, berita hangat yang baru kami terima adalah, minggu depan di kelas ini akan dikunjungi seorang terkenal, yaitu .... Berita berikutnya adalah ...."

    2. Tamu Khusus
      Berlagaklah seorang tamu yang baru datang, mengetuk pintu dan dengan lagak "asing" memberitahukan ....

      "Maaf ya, saya baru tiba dari Amerika. Ya, dari Amerika. Amerika itu jauh di seberang lautan. Saya membawa sebuah kabar penting, bahwa minggu depan akan ada acara istimewa di tempat ini ...." dan seterusnya.

    3. Satu Anak Membaca Pengumuman
      Mintalah seorang anak untuk membaca naskah pengumuman.

    4. Kejutan
      Buat sembarang kreasi yang membuat pengumuman tersebut seperti sebuah kejutan dan menarik .... walaupun pengumuman tersebut hanya untuk mengumumkan acara untuk minggu depan.

      Misal, Anda membuat tulisan "acara spesial minggu depan" pada sebuah kartun. Tutuplah kartun tersebut dengan sapu tangan. Biarkan anak-anak bertanya-tanya ada pengumuman "spesial" apa? Katakan, "Adik-adik dengarkan, ada pengumumuan spesial yaitu, ...." Biarkan anak-anak menebak macam-macam dan tiba-tiba Anda membuka kain penutup kain kartun tersebut, dan Anda mengumumkan: "Acara spesial minggu depan adalah ...."

      Sangat sederhana sekali. Hanya perlu sedikit kreasi dan kemauan untuk menyajikan yang menarik.

Kategori Bahan PEPAK: Doa - Musik - Ibadah

Sumber
Judul Buku: 
Mengajar Sekolah Minggu yang Kreatif
Pengarang: 
Paulus Lie
Halaman: 
66 - 68
Penerbit: 
Yayasan Andi
Kota: 
Yogyakarta
Tahun: 
1997

Komentar