Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Hidup Rukun dengan Orang Lain


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Mendidik anak-anak untuk memiliki sikap yang baik dalam hidupnya merupakan hal yang wajib dilakukan oleh setiap guru. Bahan pelajaran berikut dapat dipakai untuk mendidik anak-anak agar dapat hidup rukun dengan orang lain.

HIDUP RUKUN DENGAN ORANG LAIN

Alat Peraga:

Kantung-kantung kecil berisi dua permen coklat.

Ayat Alkitab:

Filipi 4:1-9

Tema:

Hidup rukun dengan orang lain perlu diusahakan.

Penyampaian:

Selamat pagi! Ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh kita setiap harinya. Menurut kamu apa yang harus kita lakukan?

(Tunggu jawaban mereka. Sesuaikan paragraf berikut ini menurut jawaban-jawaban yang ada. Tuntunlah anak-anak untuk dapat melihat bahwa kita harus hidup rukun dengan orang lain.)

Pertama, kita harus bangun tidur. Kita harus makan setiap hari. Kita harus menyisir rambut kita, dan menggosok gigi. Ada orang yang harus pergi kerja. Ada di antara kamu yang harus pergi ke sekolah. Kita semua perlu bermain. Dan kita semua harus hidup rukun dengan orang lain.

Kadang-kadang hidup rukun dengan orang lain itu mudah. Mungkin kamu sangat menyukai orang itu dan sering bermain bersama. Tetapi, kadang-kadang hidup rukun itu susah sekali. Walaupun kamu sangat menyukai seseorang, pasti ada saatnya kamu tidak rukun dengannya. Mungkin kamu sedang merasa bosan dan mengeluh, dan merasa sedang tidak mau bersikap baik kepada siapa pun.

Ada juga saat-saat di mana seseorang tidak bersikap baik kepada kamu. Itu menyedihkan sekali. Ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk memperbaiki persahabatan kita. Kita dapat berbuat baik. Kita dapat memberi. Kadang-kadang, merangkul dan mencium itu baik juga. Kadang-kadang kita harus mengampuni. Menyenangkan kalau dapat bermain dan melakukan banyak hal bersama-sama, dan kadang-kadang kita juga perlu menyendiri beberapa saat lamanya.

Setiap waktu, kita harus menyadari bahwa Tuhan akan menolong kita mempertahankan persahabatan kita dan meminta pimpinan, juga pertolongan Tuhan untuk dapat hidup rukun dengan orang lain.

Saya punya sesuatu yang istimewa buat kamu setelah doa nanti. Ini kantung kecil dengan dua permen coklat di dalamnya. Salah satu permen itu saya berikan untuk kamu sebagai tanda bahwa saya menyukai kamu, memperhatikan kamu, dan ingin hidup rukun dengan kamu. Ingatlah, ada dua permen coklat di sini. Saya ingin kamu memberikan yang satu lagi untuk seseorang yang kamu sayangi.

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Sumber
Judul Buku: 
Ceritakan untuk Anak-anak Sekolah Minggu (Buku I): Sebuah Sumber Ibadah
Pengarang: 
Donna McKee Rhodes
Halaman: 
137 - 139
Penerbit: 
Gospel Press
Kota: 
Batam

Komentar