Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Sikap yang Positif di Gereja


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Pada umumnya, tiap-tiap orang diharapkan agar mempunyai kelakuan yang menunjukkan sopan santun, baik di rumah maupun bila kita berkunjung ke rumah orang. Ada satu lagi tempat lain dimana kita harus berusaha menunjukkan sopan santun. Dapatkah kalian menyebut tempat apa itu? Tempat yang saya maksudkan ialah gereja. Banyak orang yang berpikir bahwa mereka harus berlaku sopan di rumah dan bila berkunjung saja, tetapi waktu mereka berada di gereja kelakuan mereka kurang sopan.

Untuk menentukan tingkah laku manakah yang pantas untuk gereja, kita harus memiliki pikiran bahwa gereja bukanlah tempat yang biasa, tetapi dikhususkan sebagai tempat untuk berbakti kepada Allah dan belajar lebih banyak tentang Dia. Gereja menjadi tempat yang kudus dan harus diperlakukan dengan cara yang khusus. Lalu, hal-hal apakah yang dilakukan orang yang sopan bila mereka ke gereja?

  1. Mereka datang tepat waktu.
    Kadang-kadang mau tak mau kita terlambat ke gereja; tetapi jika berulang kali kita terlambat, maka hal itu menunjukkan bahwa kita menganggap datang tepat waktu ke gereja menjadi hal yang kurang penting. Hal itu menyalahi kesopanan.

  2. Orang yang sopan akan ikut serta dalam kebaktian.
    Mereka ikut menyanyi dengan jemaat dan menunjukkan sikap yang hormat ketika berdoa. Mereka mendengarkan dengan penuh perhatian pada nyanyian paduan suara, solo atau duet, dan kepada khotbah yang disampaikan. Anak-anak yang sudah bisa membaca, bisa mencari ayat-ayat yang disebut dalam Alkitabnya dan ikut membacanya.

  3. Orang sopan akan menjaga baik-baik buku nyanyian dan barang- barang lain milik gereja.
    Mereka mengerti bahwa barang-barang itu telah dipersembahkan kepada Allah dan harus dijaga baik- baik.

  4. Orang sopan tidak akan bercakap-cakap atau berbisik-bisik di gereja.
    Jika berbuat demikian maka tidak hanya dia sendiri yang tidak bisa mengikuti jalannya kebaktian itu, tetapi dia juga mengganggu orang lain di sekelilingnya. Jangan sampai kelakuan kita yang seperti itu menghalangi orang lain untuk menerima Yesus sebagai Juruselamatnya.

  5. Orang sopan tidak akan makan kembang gula di gereja.
    Hal ini tidak hanya menunjukkan sikap yang tidak hormat terhadap Allah dan rumah-Nya, tetapi juga mengganggu orang lain.

  6. Orang sopan tidak membaca bacaan lain di gereja.
    Mereka juga tidak saling menulis dan memberikan surat-surat pendek. Mereka tetap ingat bahwa mereka datang ke gereja untuk beribadat kepada Allah.

  7. Anak-anak yang sopan tidak akan berlari-lari dan bermain-main di dalam ruang kebaktian.
    Mereka juga tidak akan mencoba-coba memainkan alat musik gereja atau naik di podium. Mereka ingat bahwa gereja adalah rumah Tuhan yang suci.

  8. Orang sopan akan bersikap ramah terhadap pendatang baru.
    Mereka menunjukkan tempat duduk dan meminjamkan buku nyanyian, kalau tamu itu tidak mempunyainya. Mereka tahu bahwa Allah senang apabila kita memperlakukan orang lain sebagaimana kita sendiri ingin diperlakukan.

Apakah benar-benar penting untuk berkelakuan sopan di gereja? Mengapa? Sikap kita di gereja menunjukkan apakah kita benar-benar mengasihi Allah atau tidak. Sikap kita itu akan menunjukkan apakah kita benar-benar mau menyenangkan hati-Nya atau tidak.

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Sumber
Judul Artikel: 
Sikap yang Positif di Gereja
Judul Buku: 
Buku Pintar Sekolah Minggu jilid 2
Halaman: 
111
Penerbit: 
Yayasan Penerbit Gandum Mas
Kota: 
Malang
Tahun: 
1996

Komentar