Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Natal Adalah Yesus


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Bagi anak-anak SM yang lebih besar, bahan mengajar berikut ini akan menolong mereka mempelajari Firman Tuhan dengan lebih teliti, terutama untuk menolong agar mereka dapat mengungkapkan ayat-ayat Natal berikut ini dengan kata-kata mereka sendiri.

NATAL ADALAH YESUS

Natal adalah memperingati hari lahir Yesus Kristus. Jika Yesus tidak lahir, maka tidak ada Natal. Juga tidak ada agama Kristen. Lebih dari itu, tidak ada pengampunan dosa, tidak janji hidup kekal bagi manusia. Siapakah Yesus itu sebenarnya? Mengapa Dia begitu penting? Mengapa hari lahirnya masih diingat dan dirayakan walaupun itu 2000 tahun yang lalu? Mengapa seluruh dunia ikut merayakan hari lahirnya? Karena Yesus adalah Tokoh yang luar biasa. Kita akan mencoba mengenal Sang Tokoh Natal ini melalui kisah-kisah kelahiran yang mengagumkan itu.

1. PENYELAMAT MANUSIA DARI DOSA
"Ia (Maria) akan melahirkan anak laki-laki dan engkau (Yusuf) akan menamai Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka." (Matius 1:21)

Dia adalah Yesus, Penyelamat manusia dari dosa. Inilah arti sesungguhnya dari nama Yesus: Penyelamat manusia. Makanya Yesus selalu disebut Juruselamat, sebab Dialah yang menyelamatkan manusia dari dosa dan neraka.

2. DIA ADALAH IMANUEL
"Sesungguhnya anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel -- yang berarti: Allah menyertai kita." (Matius 1:23)

Dia adalah Imanuel. Artinya melalui kelahiran Yesus, Allah datang ke dunia untuk menyertai dan menolong manusia. Allah bukan lagi Allah yang jauh, tetapi kini melalui Yesus, Dia adalah Allah yang dekat, yang mendengarkan doa dan yang tahu kebutuhan hidup kita.

3. DIA ADALAH RAJA
"Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya tahta Daud, bapa leluhur-Nya, dan Ia akan menjadi raja atas kaum keturunan Yakub sampai selama-lamanya dan kerajaan-Nya tidak akan berkesudahan." (Lukas 1:32-33)

Yesus lahir sebagai Raja. Dia lahir untuk memerintah. Mungkin kamu akan bertanya, kok bisa? Padahal orang tuanya bukan Raja! Jangan lupa, Yesus adalah keturunan raja Daud. Dan Allah mau menjadikan Yesus sebagai Raja untuk memerintah umat-Nya. Dia adalah Raja dari kerajaan Allah, sehingga Dia selalu harus disembah dan dipatuhi oleh manusia.

4. ANAK ALLAH YANG MAHA TINGGI
"Ia akan menjadi besar dan disebut Anak Allah yang Maha tinggi." (Lukas 1:32)

Memang Yesus dilahirkan oleh manusia. Tetapi sesungguhnya Dia adalah Anak Allah yang kekal selama-lamanya. Demi menolong manusia, Dia rela lahir sebagai manusia yang lemah. Bahkan Dia mau dilahirkan di kandang binatang yang kotor. Dia adalah Anak Allah. Dia pula yang lahir di kandang hina. Itulah cinta kasihNya kepada manusia, kepada kamu dan kepada kita semua.

5. DIA ADALAH KUDUS
"Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah yang maha tinggi akan menaungi engkau. Sebab itu Anak yang kau lahirkan itu akan disebut Kudus, Anak Allah." (Lukas 1:35)

Oleh malaikat, Yesus diberi gelar "kudus". Lho, kok belum lahir sudah disebut kudus? Tak seperti manusia lainnya, Yesus lahir bukan sebagai orang yang berdosa. Dia lahir dalam keadaan kudus dan suci, tidak kecipratan dosa manusia. Setiap bayi yang lahir ke dunia membawa dosa keturunan. Tetapi Yesus tidak. Karena itu Ia disebut: Kudus. Dan sepanjang hidupnya di dunia, satu kali pun Dia tak pernah berbuat dosa. Sehingga seumur hidup Ia disebut kudus. Namun walaupun Ia kudus, Ia rela menanggung dosa-dosa kita dan mati di atas kayu salib.

6. DIA ADALAH KRISTUS
"Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu KRISTUS..." (Lukas 2:11)

Apa arti nama "Kristus"? Kristus atau Mesias, berarti "Yang Diurapi." Nama ini dikenakan kepada Yesus karena Dia telah diurapi (dilantik, diangkat resmi) oleh Allah untuk melaksanakan kehendak Allah. Diurapi berarti Dia dipisahkan secara khusus oleh Allah untuk melakukan tugas-tugas dari Allah. Dialah yang diresmikan dan dipakai oleh Allah untuk membawa manusia kepada keselamatan dan pengampunan dosa. Karena itu Yesus berani mengatakan bahwa Dialah satu-satunya jalan keselamatan bagi manusia untuk kembali kepada Allah. Karena hanya Dialah yang disahkan Allah untuk menjadi Juruselamat.

7. DIA ADALAH TUHAN
"Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, TUHAN, di kota Daud." (Lukas 2:11)

Ini nama yang besar dan agung. Mengapa? Karena nama Tuhan, dalam Perjanjian Lama hanya dikenakan kepada Allah. Jadi, begitu Yesus lahir, malaikat ingin mengumumkan bahwa Yesus adalah Allah Pencipta. Dan bahwa Dia yang menjadi tuan (pemilik) dari manusia dan alam semesta. Dan bahwa manusia harus menyembah hanya kepada Dia saja. Termasuk kamu juga milik Kristus. Kalau kamu menyebut Yesus itu Tuhan, berarti kamu mengakui bahwa Yesuslah Tuanmu dan kamu adalah milik-Nya.

8. FIRMAN YANG MENJADI MANUSIA
"Firman itu telah menjadi manusia dan diam di antara kita." (Yohanes 1:14)

Dia adalah firman yang menjadi manusia. Apa artinya? Bacalah Yohanes 1:1-3. Apa yang dikatakan bagian itu? Perhatikan ya: ada yang disebut Firman. Siapa Firman itu? Dikatakan Firman menjadi manusia. Inilah arti Natal yang sesungguhnya: Allah menjadi manusia. Tujuannya apa? Bacalah ayat 18: tujuan kelahiran Yesus adalah untuk memperkenalkan Allah Bapa kepada manusia. Allah Pencipta bukan lagi Allah yang asing dan tak dikenal. Dia ada di antara kita. Yesus menjadi manusia supaya manusia mengenal Allah yang sesungguhnya. Supaya manusia percaya kepada Allah yang sesungguhnya. Supaya manusia menyembah kepada Allah yang sesungguhnya.

Kategori Bahan PEPAK: Perayaan Hari Raya Kristen

Sumber
Judul Buku: 
KITA - Majalah Kristen untuk Anak-anak
Halaman: 
4 - 6
Penerbit: 
Lembaga Reformed Injili Indonesia
Tahun Edisi: 
1995
Nomor Edisi: 
23

Komentar