Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Persiapan Pelajaran untuk Sekolah Minggu


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Penting sekali bagi para GSM untuk mempersiapkan pelajaran sebaik-baiknya. Untuk lebih memperkaya penemuan guru, gunakanlah beberapa buku yang dapat membantu, misalnya konkordansi Alkitab, peta Alkitab, buku tafsir Alkitab, atau buku-buku pengantar Alkitab terutama tentang latar belakang sejarah atau adat istiadat jaman Alkitab.

  1. Siapkan hati Anda dan berdoa.

  2. Lalu bacalah buku pedoman pelajaran dengan teliti.

  3. Bacalah dengan penuh perhatian seluruh bagian/nats Alkitab yang ditentukan sebagai pelajaran, seakan-akan bagian itu masih baru sama sekali bagi saudara. Jika cerita itu diambil dari salah satu Injil, bandingkanlah dengan cerita yang sama (ayat-ayat paralel) yang diceritakan di Injil-injil lain, untuk mencari keterangan lebih lanjut.

  4. Pelajarilah keadaan itu seluruh kata demi kata, dengan mencari arti istilah-istilah yang penting dalam kamus biasa atau kamusAlkitab, lalu bacalah apa yang dikatakan tafsiran atau buku-buku lain mengenai bagian itu.

  5. Pelajarilah keadaan tempat dan adat masyarakat yang dipergunakan dalam cerita itu, untuk memperoleh gambaran yang jelas mengenai tempat di mana peristiwa itu terjadi. Misalnya apakah waktunya pagi atau sore, bagaimanakah pakaian penduduknya, bagaimana sifat-sifat tiap-tiap orang di dalam cerita itu, bagaimana suara serta roman mukanya.

    "Ciumlah" tanah dan tasik dan gunung-gunung. "Dengarkanlah" pukulan ombak-ombak, suara keledai dan kudanya, dan kicauan burung-burungnya. Lukiskanlah cuaca, pemandangan alam sekitarnya, rumput atau gurun pasir, padang gurun yang berumput atau yang bergunung-gunung, angin yang dingin atau panas, suara anak-anak yang menjerit tinggi, suara anak-anak yang menangis, angin yang menderu, atau melentingnya uang logam. Pendek kata, terjunlah ke dalam cerita itu sendiri, kemudian saudara dapat menyampaikannya kepada anak-anak sebagai sesuatu yang benar-benar terjadi. Fakta-fakta sebanyak-banyaknya haruslah dikumpulkan!

  6. Tentukan metode (atau penggabungan beberapa metode) yang paling baik dalam penguraian pelajaran ini. Apakah Anda bermaksud untuk menerangkan bahwa Allah menyertai mereka di mana pun mereka berada? Tunjukkan gambar-gambar dari tempat-tempat itu. Misalnya di atas kapal, di dalam rumah, di tempat ibadah, di jalan-jalan dll. Sebaiknya Anda mencatat metode-metode yang akan dipergunakan dalam setiap pelajaran.

  7. Buatlah rencana pelajaran Anda sendiri. Bagian ini akan menolong mempersatukan persiapan dan menempatkan tujuan pelajaran di hadapan Anda, dan membantu Anda menyusun bahan-bahan pelajaran yang akan disampaikan dalam satu jam pelajaran itu.

  8. Rencanakan untuk partisipasi murid: Pokok-pokok yang termasuk dalam rencana pelajaran ini berbeda-beda sesuai dengan kelompok umur.

    Seorang guru kelas kecil (Permulaan) harus mempersiapkan nyanyian-nyanyian, cerita-cerita, permainan-permainan, pertunjukan-pertunjukan dan banyak aktivitas fisik lainnya. Murid-murid kelas besar (Pratama) dapat membuat soal-soal di dalam buku catatan mereka sebagai bagian tetap dari partisipasi murid. Guru yang mengajar Kelas Dewasa harus mempersiapkan beberapa minggu sebelumnya untuk membahas topik-topik yang berhubungan. Renungkanlah dan tulislah pertanyaan-pertanyaan yang memancing pikiran yang dapat digunakan dalam pelajaran.
Lalu rencanakan tugas untuk minggu berikutnya.

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Sekolah Minggu

Sumber
Judul Buku: 
Pola Mengajar Sekolah Minggu
Pengarang: 
Mavis L. Anderson
Halaman: 
31 - 33
Penerbit: 
Yayasan Kalam Hidup
Kota: 
Bandung
Tahun: 
1993

Komentar