Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Kunci ke Surga


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Cerita dibawah ini dapat Anda gunakan sebagai bahan cerita untuk ASM Anda. Tapi ingatlah, Anda harus mengadakan persiapan dengan baik sebelumnya. Pratekkan apa yang telah dibahas dalam kolom Artikel dan Tips di atas (bagaimana melakukan persiapan pelajaran).

Persiapan:

  1. Buatlah sebuah pusat perhatian di mana bermacam-macam kunci diperagakan.
  2. Sediakan sebuah gambar dari Kristus yang sedang mengetuk pintu.
Renungan:

Kunci merupakan sebagian yang penting dari kebudayaan kita. Kita membutuhkan kunci untuk masuk ke rumah kita, untuk mengunci sepeda, untuk membuka lemari. Sejarah kunci sebenarnya dapat diusut ke beratus-ratus tahun yang lalu. Sejak manusia mempunyai barang-barang yang dapat dia sebutkan sebagai miliknya, dia mulai merasa kuatir tentang keamanan barang-barangnya itu.

Para ahli sejarah percaya bahwa orang-orang Mesir purbalah yang pertama-tama memakai apa yang kita namakan kunci. Kelihatannya seperti sebuah sikat gigi yang besar sekali. Setelah melalui masa bertahun-tahun, kunci telah disempurnakan sehingga sekarang kita dapat mempunyai kunci yang sangat kecil. Apapun ukuran sebuah kunci, tujuannya adalah untuk membuka sesuatu.

Cerita:

Hari ini saya sedang memikirkan sebuah kunci yang istimewa. Sebenarnya, dapatlah dikatakan bahwa kunci itu tidak dapat dilihat. Tetapi kunci itu membuka jalan kepada sesuatu yang paling penting bagi siapa pun juga.

Dapatkah kalian menerka kunci apa ini? Benar, itulah kunci keselamatan atau percaya kepada Tuhan Yesus Kristus sebagai Juruselamat pribadi. Kunci keselamatan membuka pintu menuju kehidupan kekal dan juga membuka pintu ke kehidupan Kristen yang berkelimpahan di atas bumi ini.

(Tunjukkan gambar Yesus sedang mengetuk pintu)

Tentu, kebanyakan kalian pernah melihat gambar ini. Gambar ini melukiskan Yesus sedang berdiri sambil mengetuk pintu hatimu. Perhatikanlah bahwa tidak ada kunci atau pegangan pada bagian sebelah luar pintu. Pintu itu harus dibuka dari dalam. Itu berarti bahwa kalianlah yang mempunyai kunci untuk membuka hidup kalian bagi Tuhan. Kunci ini adalah iman pada Tuhan untuk menerima-Nya sebagai Juruselamat kalian. Apabila kalian menyerahkan hidup kalian kepada Yesus, kalian memakai kunci kepercayaan untuk membuka pintu bagi Yesus. Hanya dengan demikian Dia dapat masuk ke dalam hidup kalian.

Beberapa orang berpikir bahwa mereka dapat memberi uang suap untuk masuk ke dalam surga. Yang lain menyangka bahwa hanya dengan menjalani hidup dengan baik, mereka akan menemukan kunci ke surga. Tetapi Alkitab mengatakan kepada kita bahwa kunci satu-satunya ke surga adalah percaya kita akan Yesus sebagai Putra Allah. Apakah kalian mau meminta Yesus masuk ke dalam hidup kalian? Jika ya, kalian dapat meminta-Nya hari ini dengan "percaya" kepada-Nya.

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Sumber
Judul Buku: 
Buku Pintar Sekolah Minggu jilid 2
Halaman: 
91
Penerbit: 
Yayasan Penerbit Gandum Mas
Kota: 
Malang
Tahun: 
1996

Komentar