Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Langkah-langkah Menuju Keselamatan


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Sebagai pengisi acara dalam rangka penginjilan anak di Sekolah Minggu, Anda dapat membawakan cerita dengan menggunakan bahan mengajar berikut ini.

LANGKAH-LANGKAH MENUJU KESELAMATAN

A. Persiapan:

Di kebaktian hari ini akan diberi penjelasan tentang keselamatan, juga diberi kesempatan kepada anak-anak untuk menerima Yesus. Gambarlah empat anak tangga di papan tulis. Mulailah pada anak tangga paling bawah dengan menuliskan hal sebagai berikut:
1. Mengetahui kalian adalah seorang berdosa.
2. Mengakui dosa kalian kepada Yesus.
3. Percaya kepada Tuhan Yesus.
4. Menceritakan kepada yang lain tentang apa yang telah Yesus lakukan untuk kalian.

B. Cerita:

Bagi kebanyakan kalian abjad ABC mudah sekali, bukan? Tetapi pada waktu kalian berusia 4 atau 5 tahun, ingatkah kalian betapa sukarnya mengurut huruf-huruf itu menurut abjad?

Berita keselamatan adalah sederhana. Tetapi ini seperti ABC bagi anak yang masih kecil harus diulang berkali-kali agar tahu dengan tepat langkah-langkah yang perlu kita ambil untuk menerima keselamatan.

Di papan tulis tergambar beberapa anak tangga untuk membantu kita mengingat anak tangga keselamatan. Kita akan membaca beberapa ayat Alkitab yang sesuai dengan tiap anak tangga itu. Kalian akan mendapatkan bahuwa rencana keselamatan Allah itu merupakan hal yang cukup mudah hingga kalian semua dapat mengerti.

Langkah pertama adalah mengetahui bahwa kalian seorang berdosa (tulis "MENGETAHUI" pada anak tangga pertama). Bacalah Roma 3:23, yang menceritakan bahwa kita semua adalah orang berdosa dan kehilangan kemuliaan Allah. Allah menciptakan manusia dengan sempurna dan Dia megharapkan perkara-perkara yang besar baginya. Tetapi manusia tidak memenuhi harapan itu. Oleh karena dosa umat manusia tidak dapat memenuhi apa yang diharapkan Allah.

Anak tangga kedua adalah mengaku kepada Yesus bahwa kalian seorang berdosa (tulis "MENGAKU" pada anak tangga kedua lalu bacalah Kisah Para Rasul 2:38 dan 1Yohanes 1:9). Mengaku berarti menceritakan kepada Yesus bahwa kalian mengetahui kalau kalian adalah seorang berdosa. Lalu mintalah agar Dia mengampuni dosa kalian.

Selanjutnya, kalian harus percaya bahwa Yesus mati disalib karena dosa kalian (tulis "PERCAYA" pada anak tangga ketiga dan bacalah Kisah Para Rasul 16:31 dan Yohanes 3:14-18).

Langkah terakhir adalah menceritakan kepada orang lain tentang apa yang Yesus kerjakan bagi kalian (tulis "MENCERITAKAN KEPADA YANG LAIN" pada anak tangga keempat dan bacalah Roma 10:9,10). Setelah kalian diselamatkan, kalian akan menjadi seorang Kristen yang lebih kuat ketika menceritakan kepada orang lain bahwa kalian telah memberikan hatimu kepada Yesus dan sekarang hidup bagi-Nya.

C. Doa:

Berdoalah bagi setiap anak yang menyatakan kerinduan untuk diselamatkan.

Kategori Bahan PEPAK: Penginjilan Anak - Misi Anak

Sumber
Judul Buku: 
Buku Pintar Sekolah Minggu jilid 1
Halaman: 
27
Penerbit: 
Yayasan Penerbit Gandum Mas
Kota: 
Malang
Tahun: 
1997

Komentar